Dark/Light Mode

Banjir Di Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi, 5 Rumah Hanyut

Minggu, 21 Februari 2021 13:58 WIB
Banjir Di Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi, 5 Rumah Hanyut

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerusakan infrastruktur berupa tanggul jebol, memicu banjir beberapa desa di wilayah Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Banjir terpantau pada Minggu (21/2), pukul 01.00 WIB, dan menggenangi sejumlah desa. 

Berdasarkan laporan yang diterima Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), banjir tersebut melanda 4 desa yang berada di Kecamatan Pebayuran. Yakni Desa Sukaurip, Karangsegar, Bantasari dan Sumber Urip.  

Dalam musibah banjir sedalam 100-250 cm itu, 5 unit rumah dilaporkan hanyut.

Baca juga : Banjir Dikhawatirkan Bikin PPKM Nggak Maksimal

BPBD telah mengidentifikasi kebutuhan mendesak penanganan darurat, seperti bambu, karung, mie instan, air mineral, makanan siap saji, obat-obatan, vitamin, perahu evakuasi, mesin perahu, tali tambang dan lampu tembak.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Tim Reaksi Cepat (TRC) BNPB banjir Kabupaten Karawang pada Sabtu (20/2) pukul 22.00 WIB, sebanyak 34 desa di 15 kecamatan terdampak banjir. Banjir yang antara lain disebabkan oleh hujan berintensitas tinggi dan luapan Sungai Citarum itu menggenangi Kecamatan Rengasdengklok, Telukjambe Barat, Tirtajaya, Pedes, Cikampek, Purwasari, Ciampel, Pangkalan, Klari, Tempuran, Tirtamulya, Jatisari, Rawamerta, Karawang Barat dan Cilamaya Wetan.

Warga terdampak mencapai 9.331 KK atau 28.329 jiwa, sedangkan 1.075 KK atau 4.184 jiwa mengungsi. Banjir mengakibatkan 8.539 unit rumah terendam, dan sejumlah infrastruktur terdampak. Petugas di lapangan masih terus melakukan pendataan lanjutan.

Baca juga : Tangani Kasus Dugaan Pembunuhan Dan Pemerkosaan Di NTT, Polisi Harus Adil

Merespons banjir tersebut, BPBD Kabupaten Karawang bersama TNI, Polri dan organisais perangkat daerah terkait serta sukarelawan membantu evakuasi warga di lokasi terdampak. BPBD juga mengoperasikan dapur umum, untuk penyediaan kebutuhan nutrisi warga terdampak.

Tak semua warga mengungsi menuju titik pengungsi. Sebagian mengungsi ke rumah kerabat, masjid dan hotel. Sedangkan BNPB telah memberikan dukungan berupa pendampingan pos komando penanganan banjir, bantuan dana siap pakai sebesar Rp 250 juta, masker 10 ribu buah, selimut 80 buah dan lampu garam 300 buah.

BNPB juga mendukung 1 perahu karet dan 10 buah pelampung yang dibutuhkan untuk mengevakuasi warga.

Baca juga : Biar Kuat, Pake Sepatu Besi 150 Kg

Pemerintah Kabupaten Karawang sebelumnya telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir terhitung 8 Februari hingga 21 Februari 2021. Dengan kondisi saat ini, pemerintah daerah akan memperpanjang hingga 14 hari ke depan.

Kondisi terakhir, banjir terpantau masih menggenangi rumah-rumah warga. Penerangan listrik PLN dan suplai air dari PDM di Kabupaten Karawang, masih dalam kondisi padam. Jumlah masyarakat terdampak, pengungsi dan pelayanan dapur umum yang dikelola secara mandiri oleh warga juga nelum terdata semua.

Kepala BNPB Doni Monardo dijadwalkan meninjau kondisi dampak banjir di wilayah Karawang dan Bekasi pada hari ini, Minggu (21/2). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.