Dark/Light Mode

Kejar Herd Immunity, Vaksinasi Covid Untuk Wartawan Digencarkan Di Daerah

Kamis, 25 Februari 2021 13:10 WIB
Menkominfi Johnny G Plate usai meninjau program vaksinasi untuk wartawan di Hall A Basket, Kompleks Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (25/2) pagi. (Foto: Ist)
Menkominfi Johnny G Plate usai meninjau program vaksinasi untuk wartawan di Hall A Basket, Kompleks Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (25/2) pagi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate berharap kekebalan kolektif segera tercapai usai  tahap kedua program vaksinasi Covid-19 untuk pekerja di sektor publik berlangsung.

"Kami harapkan gelombang vaksinasi berjalan lancar. Dalam setahun vaksinasi untuk 181,5 juta penerima bisa dilakukan. Sehingga secepat mungkin tercapai herd immunity," kata Johnny usai meninjau program vaksinasi untuk wartawan di Hall A Basket, Kompleks Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (25/2) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Johnny bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dan Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau program vaksinasi untuk wartawan ini.

Baca juga : Wapres: Yang Anti Vaksin Makin Sedikit

Kominfo bersama Kemenkes, Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menggelar program vaksinasi untuk wartawan pada 25 hingga 27 Februari untuk penyuntikan tahap pertama. Rencananya, ada 5.512 awak media yang divaksin.

Menteri Johnny menyatakan, program vaksinasi untuk jurnalis akan diperluas hingga ke daerah melalui koordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Dewan Pers.

"Terima kasih kepada Dewan Pers, PWI dan rekan media karena proses vaksinasi tahap awal ini berjalan sukses. Bila kita kerja bersama-sama gotong-royong hambatan pasti bisa kita atasi," yakinnya.

Baca juga : Dihadiri Jokowi, Peluit Vaksinasi Covid Untuk Awak Media Dibunyikan Hari Ini

Johnny menyatakan, program vaksinasi ini sangat penting, bukan hanya untuk jurnalis, namun, juga para pekerja yang sering berinteraksi dengan masyarakat. Termasuk pegawai kementerian maupun mitra yang bertugas membangun infrastruktur telekomunikasi di lapangan.

Kata Johnny, untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kolektif, pemerintah menggelar program vaksinasi gratis untuk 70 persen penduduk Indonesia, atau sekitar 181 juta orang. "Dengan ini, proses pemulihan ekonomi juga dapat dicapai," ujarnya.

Pemerintah bertahap memberikan vaksinasi gratis untuk masyarakat, termasuk untuk penduduk berusia lanjut. Program vaksinasi dimulai sejak pertengahan Januari lalu, dan targetnya kelar pada Maret 2022 mendatang. Selain program vaksin gratis, akan ada juga vaksinasi mandiri. [BCG/FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.