Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ditarget Kelar Seminggu, Vaksinasi Covid Terhadap 450 Ribu Pelayan Publik Di Jawa Tengah

Senin, 22 Februari 2021 17:05 WIB
ASN Jawa Tengah mendapat suntikan vaksin Covid-19 tahap kedua. (foto:Jateng)
ASN Jawa Tengah mendapat suntikan vaksin Covid-19 tahap kedua. (foto:Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menargetkan, 450 ribu pelayan publik yang masuk ke dalam program vaksinasi Covid tahap II, kelar disuntik dosis pertama vaksin Corona dalam satu minggu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Yulianto Prabowo menuturkan, vaksinasi Covid-19 tahap II ini dikonsentrasikan bagi pelayan publik seperti ASN, TNI, Polri, pejabat BUMD, wartawan, atlet, hingga pedagang pasar.

“Vaksinasi tahap II ini juga diberikan untuk lansia," ujar Yulianto, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap II di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Jawa Tengah, Senin (22/2).

Yulianto menambahkan, vaksinasi untuk ASN dilakukan secara serentak di 35 kabupaten/ kota. Pedagang pasar dikonsentrasikan di Kota Surakarta, dan kelompok lanjut usia di Kota Semarang.

Baca juga : Pemerintah Targetkan Vaksinasi Tahap II Dan III Selesai Mei 2021

“Tahap dua sama dengan tahap pertama. Yang menerima vaksin, akan dilakukan penyuntikan dua kali,” imbuhnya.

Salah satu atlet penerima vaksin, Septian David Maulana mengaku senang mendapat kesempatan suntik vaksin. 

Ia berharap, pandemi Covid-19 segera berakhir dan masyarakat bisa beraktivitas normal kembali. Kompetisi sepakbola bisa segera berjalan.

“Tidak terasa saat disuntik, hanya setelah itu agak pegal-pegal. Ya, semoga Covid-19 berakhir dan kompetisi sepakbola dapat dilangsungkan,” katanya yang juga pemain PSIS Semarang.

Baca juga : Dimulai Dari Tanah Abang, Vaksinasi Sasar Pedagang Di 153 Pasar Ibu Kota

Perwakilan TNI, Letda CKM(K) dr Dedek Rupana Br Barus mengatakan, masyarakat tidak perlu takut untuk divaksin. Sebab, vaksin merupakan ikhtiar dalam melawan Covid-19. “Tidak terasa apa-apa, malah lebih sakit kegigit semut. Masyarakat tidak perlu takut vaksin,” ucapnya.

Target 1.000 Orang Dalam Sehari

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku, pelaksanaan vaksinasi tahap II di wilayahnya berlangsung lancar dan aman. Ia menargetkan, 1.000 orang dapat disuntik vaksin dalam satu hari. "Insya Allah, mudah-mudahan lancar,” ujarnya.

Ganjar yakin, vaksinasi tahap II akan berjalan lebih cepat. Sebab, data kepegawaian sudah lengkap sehingga lebih mudah. Selain itu, sistem pendataan vaksinasi yang lebih terbuka dari Kemenkes juga memudahkan proses tersebut.

Baca juga : Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal Pedagang Pasar

“Ini kita coba serentak hari ini. Langsung kita targetkan, sehari minimal 1.000 orang. Insya Allah tercapai ,” tandasnya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.