Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dinilai Mampu Turunkan Kasus

Kini, PPKM Mikro Diperluas Ke Sumut, Sulsel Dan Kaltim

Minggu, 7 Maret 2021 05:47 WIB
PPKM Mikro Diperluas Ke Sumut, Sulsel Dan Kaltim, (Foto : Istimewa).
PPKM Mikro Diperluas Ke Sumut, Sulsel Dan Kaltim, (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berskala (PPKM) Mikro di Pulau Jawa dan Bali tercatat mampu memangkas angka penularan Covid-19. Penerapan kebijakan tersebut kembali diperpanjang. Bahkan diperluas ke luar Jawa dan Bali.

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Brigjen TNI (Purn) dr. Alexander K Ginting mengung­kapkan, PPKM Mikro di tujuh provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali, diperpanjang hingga Selasa (9/3) hingga 22 Maret.

Baca juga : Virus Inggris Tak Mudah Jebol Pertahanan Vaksin

PPKM Mikro juga diper­luas ke tiga provinsi. PPKM Mikro seperti Pulau Jawa dan Bali akan berlaku di Sumatera Utara (Sumut), Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Kalimantan Timur (Kaltim). “Presiden sudah mem­beri arahan agar penerapan PPKM Mikro selain dilanjutkan juga diperluas. Tidak hanya Jawa, tetapi juga di provinsi di luar Pulau Jawa,” ujar Alexander dalam diskusi virtual, kemarin.

Aturan itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19. PPKM Mikro diperpanjang dan diperluas karena sejauh ini penerapannya mampu menekan angka penularan.

Baca juga : Hore, Vaksin Untuk Lansia Udah Digelar

Alexander menyebut, angka kesembuhan juga terus menga­lami peningkatan sejak Januari tahun ini. “Harus dilihat, dalam PPKM Mikro di tujuh provinsi kasus makin melandai, angka kesembuhan meningkat. Kita lihat juga, mortality jumlahnya sudah 129 kemarin,” tuturnya.

PPKM Mikro telah memberikan contoh yang ekstrem, bagaimana Jawa dan Bali yang meru­pakan pulau dengan kepadatan penduduk sangat tinggi, bisa menekan kasus aktif Covid-19. “Walaupun belum stabil tapi su­dah cenderung menurun,” imbuh Alexander.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.