Dark/Light Mode

Gandeng Grab Indonesia Dan Good Doctor

Keren Deh, Netizen Dukung Layanan Vaksin Drive Thru

Kamis, 4 Maret 2021 05:00 WIB
Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggandeng Grab Indonesia dan Good Doctor Technology Indonesia menggelar vaksinasi massal COVID-19. Vaksinasi ini dilakukan dengan mekanisme drive thru dan walk in. (Foto : Dok. Kementerian Kesehatan).
Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggandeng Grab Indonesia dan Good Doctor Technology Indonesia menggelar vaksinasi massal COVID-19. Vaksinasi ini dilakukan dengan mekanisme drive thru dan walk in. (Foto : Dok. Kementerian Kesehatan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Terobosan baru vaksinasi dilakukan dengan mekanisme drive thru dan walk in. Diklaim menjadi yang pertama di Asia Tenggara.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus mengebut pelaksanaan vaksinasi Covid- 19. Salah satunya dengan menggandeng Grab Indonesia dan Good Doctor. Vaksinasi ini dilakukan dengan mekanisme drive thru dan walk in.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kolaborasi ini merupakan bentuk public private partnership. Yaitu, sektor swasta turut membantu pemerintah melaksana­kan program vaksinasi nasional Covid-19.

Baca juga : Melihat Suntik Massal Vaksin Covid-19 Di Pasar Beringharjo

Melalui kemitraan, kata dia, diharapkan semakin memperluas cakupan vaksinasi, se­hingga kekebalan kelompok (herd immunity) bisa segera tercapai.

“Ini memperlihatkan apa yang dapat Indonesia capai ketika swasta dan pemerintah bersinergi untuk sama-sama mencapai tujuan yang mulia, yaitu menyelamatkan nyawa banyak orang,” ujar Budi, Minggu (28/2).

Dia menjelaskan, kegiatan vaksinasi ini menggabungkan dua metode, yakni walk in dan drive thru. Metode ini sekaligus menjadi pilot project, yang jika sukses, maka akan diimplementasikan di daerah/lokasi lain.

Baca juga : Insya Allah Bisa Sekolah Juli, Vaksinasi Covid-19 Untuk Guru Kudu Kelar Juni

“Hadirnya metode ini, membawa harapan vaksinasi bisa dilakukan dengan mudah, aman dan cepat. Sebab, untuk mendapatkan layanan vaksinasi, peserta tidak perlu turun dari kendaraan, sehingga mengurangi inter­aksi antarsasaran,” jelasnya.

Untuk menghindari penumpukan kend­araan, seluruh undangan yang dikirimkan ke sasaran telah disertai tanggal dan waktu penyuntikan. Mereka harus datang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Kegiatan ini terlaksana berkat kolaborasi yang apik lintas program/instansi. Sebab, Kemenkes tentu tidak bisa berjuang sendiri, dibutuhkan dukungan dan komitmen yang kuat dari seluruh elemen bangsa agar pan­demi ini bisa segera berakhir,” tuturnya.

Baca juga : Vaksinasi Dan Prokes Yang Bisa Selamatkan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersyukur para pekerja pariwisata dan masyarakat mendapat­kan vaksin di Grab Vaccine Center Bali.

Kata dia, vaksinasi merupakan momentum kebangkitan sektor pariwisata yang dapat mempercepat langkah mengatasi pandemi.

“Grab Vaccine Center merupakan aksi konkret dari penerapan inovasi, adaptasi dan kolaborasi antara pemerintah dan swasta. Terima kasih kepada Grab dan Good Doctor atas kolaborasinya. Bersama lawan Covid- 19, kita pasti menang,” tegas Sandi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.