Dark/Light Mode

Sayangi Lansia, RSJ Dr Soerojo Magelang Siapkan Bus Antar Jemput Untuk Vaksinasi Covid

Rabu, 10 Maret 2021 16:38 WIB
Vaksinasi Covid-19 gelombang pertama untuk para lansia, di gedung Ayodya RSJ Prof Dr Soerojo Kota Magelang, Selasa (9/3). (Foto: Pemprov Jateng)
Vaksinasi Covid-19 gelombang pertama untuk para lansia, di gedung Ayodya RSJ Prof Dr Soerojo Kota Magelang, Selasa (9/3). (Foto: Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - RSJ Prof. Dr. Soerojo Kota Magelang memberikan fasilitas bus antar jemput bagi lansia yang akan menjalani vaksinasi Covid-19 di  rumah sakit tersebut. 

Fasilitas ini diberikan dengan pertimbangan, tak semua lansia ada yang mengantar atau mendampingi untuk proses vaksinasi.

Sekadar catatan, vaksinasi Covid di Kota Magelang yang diikuti 267 lansia, telah dimulai pada Selasa (9/3). Mayoritas adalah warga kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara.

“Kami siapkan angkutan satu bus untuk menjemput dan mengantar para orang tua peserta vaksinasi. Kalau anak-anak mereka tidak bisa mendampingi, maka kami adalah anak-anak bapak/ibu semua,” ujar Direktur Utama RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, Eniarti pada Selasa (9/3), seperti dilansir laman Pemprov Jawa Tengah

Baca juga : Gatotkaca, Ksatria Otot Kawat Tulang Besi Saja Ikut Vaksinasi Covid-19

"Hari ini, dilaksanakan satu dosis, dan dosis kedua pada tanggal 28 Maret 2021 nanti. Meski sudah divaksin, masyarakat harus tetap patuh pada protokol kesehatan," imbuhnya.

Fasilitas bus antar jemput lansia ini diapresiasi oleh Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz. Menurutnya, langkah ini patut dicontoh oleh wilayah-wilayah lain.

“Luar biasa RSJ Prof Dr Soerojo ini yang menyediakan mobil untuk penjemputan para lansia. Patut dicontoh kalau kita mengundang mereka,” ungkapnya.

Aziz mengatakan vaksinasi Covid-19 merupakan upaya pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19. Ia pun berharap pelaksanaannya berjalan lancar, dan tidak ada efek yang berarti.

Baca juga : Siti Rumende Harahap Ikut Vaksinasi Corona

“Ini merupakan wujud kepedulian pemerintah pusat terhadap masyarakat. Dengan vaksin ini akan timbul herd immunity atau kekebalan kelompok,” kata Aziz.

Lebih lanjut Aziz mengatakan lansia menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 setelah sasaran sumber daya manusia kesehatan (SDMK), pelayan publik, TNI, Polri dan prioritas lainnya. Lansia merupakan kelompok rentan tertular Covid-19.

Wali Kota yang juga dokter spesialis penyakit dalam itu berharap tidak ada efek berarti yang terjadi setelah lansia divaksin.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, Majid Rohmawanto mengatakan, sasaran vaksinasi untuk lansia di Kota Magelang sebanyak 30 orang per RW. Adapun di Kota Magelang ada 192 RW.

Baca juga : Jadi Klaster, Pedagang Pasar Karombasan Disuntik Vaksin Covid-19

"Selain lansia, vaksinasi Covid di Kota Magelang juga akan mengikutsertakan 132 Ketua RT. Sejauh ini tidak ada yang menolak divaksin. Masyarakat senang," ujar Majid. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.