Dark/Light Mode

Getaran Gempa Magnitudo 5 Dirasakan Warga Banggai Laut, Sekitar 1-2 Detik

Selasa, 16 Maret 2021 20:20 WIB
Gempa bumi M5,0 terjadi pada Selasa (16/3) siang di Kabupaten Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah. (Foto: BMKG)
Gempa bumi M5,0 terjadi pada Selasa (16/3) siang di Kabupaten Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah. (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi dengan magnitudo (5,0) terjadi pada Selasa (16/3), sekitar pukul 13.05 WIB. Guncangan dirasakan lemah oleh warga Kabupatan Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah. Pusat gempa berada pada 123 km barat daya Banggai Laut dan kedalaman 10 km.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai Laut menginformasikan warganya merasakan guncangan lemah sekitar 1 hingga 2 detik.

Baca juga : Bantu Pulihkan Ekonomi, BTN Rangkul Pemda Lewat Sektor Properti

BPBD juga melaporkan gempa tidak berpotensi tsunami, berdasarkan analisis pemodelan dari parameter gempa.

Berdasarkan analisis BMKG guncangan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, wilayah Banggai Laut, Morowali, Morowali Utara, Banggai Laut, Banggai Kepulauan menunjukkan II- III MMI, sedangkan wilayah lain yaitu Banggai menunjukan II MMII.

Baca juga : Gerakan Gotong Royong Anies Bersama Warga Tangani Banjir Diapresiasi

Sementara itu, melihat analisis InaRISK, Kabupaten Banggai Laut merupakan wilayah dengan potensi bahaya gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 9 kecamatan Di kabupaten ini yang berada pada potensi tersebut dengan jumlah luas bahaya mencapai 2. 218 hektar. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.