Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Menteri Banyak Makan Hati

Bu Risma, Masih Kuat?

Jumat, 26 Maret 2021 07:27 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto: Patra Rizky Syahputra/RM)
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto: Patra Rizky Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mengemban tugas berat sebagai Menteri Sosial (Mensos) membuat Tri Rismaharini jadi lebih kurus. Kondisi ini disadari oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menurut Mega, sejak menjadi Mensos, Risma banyak “makan hati”. Mendengar hal ini, warganet pun menggoda, Bu Risma masih kuat tidak?

Kondisi badan Risma itu “dibongkar” Mega saat meluncurkan buku “Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam”, secara virtual, Rabu (24/3). Awalnya, Mega memuji kerja Risma yang tak kenal lelah menemui dan membantu warga yang kondisinya memprihatinkan.

"Tadi saya lihat Mbak Risma kok badane wis kuru (badannya sudah kurus). Baru juga berapa lama jadi menteri,” ucap Mega.

Baca juga : Mantan Mendagri Syarwan Hamid Tutup Usia

Risma dilantik menjadi Mensos, 23 Desember 2020, menggantikan Juliari P Batubara yang ditangkap KPK karena korupsi bansos. Berarti, sampai saat ini, baru tiga bulan Risma kerja sebagai Mensos.

Menurut Mega, meski masih seumur jagung, Risma sudah banyak “makan hati” alias banyak menelan kesedihan melihat penderitaan masyarakat kecil. “Makan hati dia. Kenapa? Ya ngeliatin orang jompo, di kolong jembatan," ucapnya.

Mega mengetahui betul keadaan Risma karena mantan Wali Kota Surabaya itu sudah beberapa kali menemuinya. Saat bertemu itu, Risma selalu curhat soal tugas barunya. Risma juga sering minta wejangan dan nasihat agar bisa menjalankan tugas dengan baik.

Baca juga : Pertani Sejahterakan Petani Jagung Madiun

Kata Mega, saat bercerita, Risma juga kadang sampai menangis. Risma menangis karena tak kuasa menahan tugas berat sebagai Mensos dan melihat keadaan orang-orang yang memprihatinkan. Melihat anak kurus keleleran di jalanan, orang tua jompo, dan macam-macam. 

Satu kali, kata Mega, Risma bercerita tentang seorang warga yang ditemukannya hidup di kolong jembatan. Keadaan orang ini sangat memprihatinkan. Ibunya mengidap HIV/AIDS, sementara anak sakit parah hampir sekarat. 

Mendengar curhatan itu, Mega selalu mengingatkan dan membesarkan hati Risma agar tak menyerah. Kata Mega, memang begitulah tugas seorang menteri. Mencari solusi dari berbagai masalah yang ada di lapangan. "Saya bilang ke Risma, itulah tugas kita. Menyelamatkan anak bangsa ini," cerita Mega. 

Baca juga : Penting, Komunikasi Budaya Dalam Masyarakat

Risma membenarkan pernyataan Mega. Menurutnya, siapa pun yang menjadi Mensos, pasti mengalami hal yang sama dengannya. Karena yang dilihat bukan hanya orang yang miskin yang tidak mampu. Tapi orang-orang yang tidak beruntung dalam hidup. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.