Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantu Pemerintah, GDDPI Gelar Donor Darah Dan Plasma Konvalesen

Senin, 29 Maret 2021 09:30 WIB
Bantu Pemerintah, GDDPI Gelar Donor Darah Dan Plasma Konvalesen

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia (GDDPI) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar aksi donor darah dan donor plasma kovalesen. Kegiatan ini untuk membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19.

Ketua GDDPI, Vicky W. Kartiwa mengatakan, donor darah dan plasma konvalesen yang digelar pihaknya terbuka untuk laki-laki dan wanita. Tapi wanita hamil atau yang pernah hamil tidak dianjurkan menjadi donor plasma 

“Karena kehamilan menimbulkan pembentukan antibodi terhadap human leucocyte antigen (HLA)," kata Vicki dalam keterangan tertulisnya yang diterima RM.id, Senin (29/3). 

Baca juga : Bank Sentral Pede Vaksinasi Dongkrak Ekonomi Nasional 

Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI, dr Linda Lukitari Waseso mengajak penyintas Covid dapat mendaftar menjadi donor plasma konvalesen. Menurutnya untuk menjadi pendonor konvalesen harus pernah terinfeksi Covid dan telah dinyatakan sembuh. 

"Ini harus dinyatakan secara dokumentasi itu melalui administrasi juga tes PCR-nya harus sudah negatif," jelas Linda.

Acara yang berlangsung sejak Sabtu (27/3) ini juga turut dihadiri Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto. Dalam kesempatan tersebut, Airlangga mengutip data survei kementeriannya terkait jumlah pasien Covid-19 yang sembuh setelah mendapatkan terapi plasma konvalesen.

Baca juga : Pemerintah Andalkan Penerimaan Pajak

"Jumlah pasien Covid-19 yang sembuh setelah mendapatkan terapi konvaselen mencapai 90 persen," kata Airlangga. 

Ia pun mendorong para penyintas virus asal Wuhan itu untuk terus berpartisipasi menyumbangkan darahnya. "Satu plasma konvaselen akan menyelamatkan satu jiwa yang lain," ujar Ketua Umum Partai Golkar.

Di akhir acara, istri Airlangga, Yanti Airlangga menjelaskan awal mula pembentukan GDDPI ini dibentuk oleh delapan organisasi perempuan yang mempunyai kepedulian terhadap kemanusiaan, “bersama kita bisa” tegasnya 

Baca juga : Kasus Suap Pajak, KPK Geledah Kantor Pusat Bank Panin

Untuk itu, Yanti mengajak semua perempuan Indonesia untuk mendonorkan darah secara rutin. "Setetes darah kita hari ini bisa memberi sejuta harapan dan penyelamat yang sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan," tuturnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.