Dark/Light Mode

Bantu Vaksin Covid-19 Di Palestina, AS Gelontorin Rp 216 Miliar

Jumat, 26 Maret 2021 11:22 WIB
Seorang petugas kesehatan Palestina mendapat vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Bulan Sabit Merah Palestina di kota Nablus, Tepi Barat, pada 4 Februari 2021. [Foto: Agence Presse France]
Seorang petugas kesehatan Palestina mendapat vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Bulan Sabit Merah Palestina di kota Nablus, Tepi Barat, pada 4 Februari 2021. [Foto: Agence Presse France]

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Amerika Serikat menggelontorkan 15 juta dolar AS atau sekitar Rp 216 miliar untuk membantu Palestina dalam pengadaan vaksin Covid-19. Langkah ini diberikan, karena AS merasa Israel tidak memberi banyak bantuan kepada warga yang tanahnya mereka duduki.

Badan Pembangunan Internasional AS menyediakan dana untuk upaya vaksinasi dari Catholic Relief Services kepada organisasi non pemerintah di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Dana ini juga digunakan untuk bantuan makanan darurat.

Baca juga : Bantu Pendidikan, Kesehatan dan Pertanian, Jepang Nyawer Rp 5,1 Miliar

"Langkah kecil dalam memajukan kesejahteraan rakyat Palestina ini sepenuhnya sejalan dengan nilai-nilai Amerika," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri AS, Kamis (25/3/2021).

Sejauh ini, Israel baru memvaksinasi warganya sendiri dengan lebih dari setengah populasinya menerima kedua dosis vaksin Covid-9 Pfizer/BionTech.

Baca juga : Mantap, 16 Juta Dosis Vaksin Covid Sinovac Tiba Di Tanah Air

Sementara Otoritas Palestina jauh lebih lambat. Karena mereka hanya mengandalkan sumbangan dan pasokan terbatas dari Israel.

Negara Yahudi itu telah memvaksinasi lebih dari 100.000 pekerja Palestina dengan izin untuk memasuki Israel atau pemukiman Yahudi di Tepi Barat. Namun, pemerintah Israel tetap mengatakan, bahwa vaksinasi adalah tanggung jawab Otoritas Palestina.

Baca juga : Vaksin Covid-19 Untuk Anak Masih Tunggu Rekomendasi

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menyatakan rencananya untuk memberikan dosis yang cukup untuk menyuntik 1 juta warga Palestina melalui program Covax untuk negara-negara berkembang. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.