Dark/Light Mode

Genap Berusia 120 Tahun, Pegadaian Berbagi di Hari Jadi

Kamis, 1 April 2021 18:07 WIB
Peringatan ulang tahun Pegadaian ke 120. (Foto: Humas Pegadaian)
Peringatan ulang tahun Pegadaian ke 120. (Foto: Humas Pegadaian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ulang tahun ke-120 Pegadaian yang jatuh pada hari ini, menjadi ulang tahun yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dirayakan di tengah pandemi Covid-19.

Sebagai bentuk rasa syukur, Pegadaian berbagi kebahagiaan dengan memberikan tali asih berupa uang kepada para pensiunan karyawan, tenaga kesehatan, pegiat seni, serta olahragawan berprestasi yang pernah mengukir namanya sebagai warga yang mengharumkan nama negeri.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto mengatakan, para penerima tali asih ini merupakan teladan karena telah mempersembahkan karya terbaik buat bangsa.

"Apa yang kita nikmati hari ini, tidak lepas dari peran serta para pendahulu atau senior kita semua yang telah memberikan kontribusi terbaik sesuai dengan bidangnya," ujarnya dalam sambutan upacara peringatan HUT Pegadaian, di auditorium Langen Palikrama Kantor Pusat Pegadaian, Kamis (1/4).

Baca juga : Implementasikan Budaya AKHLAK, Pegadaian Gelar Webinar Antikorupsi

Para insan Pegadaian diminta meneladani mereka, dengan selalu merawat, membangun, dan membesarkan perusahaan untuk Indonesia.

Dalam sambutannya, Kuswiyoto juga memaparkan, dalam tiga tahun terakhir, PT Pegadaian terus menunjukkan kinerja positif. Hal ini ditandai dengan nilai aset dan pendapatan yang terus meningkat.

Berturut-turut aset perusahaan naik, dari semula Rp 53 triliun pada 2018, menjadi Rp 65 triliun pada 2019. Kemudian, naik lagi menjadi Rp 72 triliun pada 2020.

Perusahaan pelat merah ini juga mengalami lonjakan pendapatan. Dari semula Rp 13 triliun pada 2018, menjadi Rp 18 triliun pada 2019, dan meningkat Rp 22 triliun pada 2020.

Baca juga : Gus AMI Minta Intelijen Tingkatan Kewaspadaan Jelang Hari Keagamaan

Kuswiyoto pun menyampaikan rasa terima kasih yang tulus kepada seluruh nasabah yang telah menggunakan produk dan jasa layanan Pegadaian. 

Kepercayaan nasabah ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah nasabah, dari 11 juta pada 2018, menjadi 14 juta pada 2019, dan 17 juta pada 2020.

Omset pembiayaan juga naik, dari Rp 131 triliun pada 2018, Rp 146 triliun pada 2019, dan Rp 165 triliun pada 2020.

Selain itu, Kuswiyoto juga menyampaikan rasa syukur atas perolehan berbagai penghargaan yang diperoleh Pegadaian dari berbagai pihak.

Baca juga : Ajinomoto Operasikan Pengelolaan Limbah Cair Jadi Air Bersih

Pertama, penghargaan Indonesia Digital Innovation Award 2021 yang digelar majalah Warta Ekonomi. Kedua, tiga penghargaan Digitech Award 2021 yang majalah I-Tech dengan kategori Best Digital Technology Development Team, The Best IT Leadership in Financial Services, dan The Best Chief Transformation & Information Officer.

Dan ketiga, lima penghargaan Pubilc Relations Indonesia Award (PRIA) 2021 dengan kategori Aplikasi, Marketing Public Relations, Annual Report, Tata Kelola Kehumasan dan Departemen Public Relations.

Di akhir sambutannya Kuswiyoto mengajak seluruh insan Pegadaian untuk mendukung kebijakan strategis pemerintah yang membentuk ekosistem ultra mikro dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

"Kita semua boleh mencintai warna hitam, hijau, putih, atau biru. Tetapi kita tetap harus bersatu padu, bekerja keras, singsingkan lengan baju, untuk tegaknya perusahaan kita tercinta hari ini, esok, dan selamanya," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.