Dark/Light Mode

BPBD Jatim: Gempa Malang Telan 3 Korban Jiwa Di Lumajang

Sabtu, 10 April 2021 19:05 WIB
Peta lokasi gempa M6,7 yang mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4). (Foto: BMKG)
Peta lokasi gempa M6,7 yang mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga warga Lumajang dilaporkan meninggal dunia, terdampak gempa bumi yang terjadi di laut barat daya Kabupaten Malang pada Sabtu (10/4) siang.

"Data yang kami terima, ada tiga orang asal Lumajang meninggal dunia," ujar Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur Yanuar Rachmadi kepada Antara, Sabtu (10/4) petang.

Ketiga korban jiwa tersebut adalah:

  1. Ahmad Fadholi asal Desa Tempurrejo Kecamatan Tempursari
  2. Juwanto asal Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari
  3. Nasar Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari

Baca juga : Imbas Gempa Malang, Ruang Perawatan RSUD Mardi Waluyo Blitar Rusak

"Korban atas nama Ahmad Fadholi, jenazahnya ada di RSUD Pasirian. Sedangkan korban Juwanto dan Nasar, meninggal dunia karena tertimpa reruntuhan bangunan," terang Yanuar.

Selain 3 orang meninggal dunia, ada 5 orang luka ringan, serta 2 orang mengalami luka berat atas nama Sri Yani asal Desa Tempurrejo Kecamatan Tempursari, dan Saden asal Dusun Tawon Songo Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe.

Gempa juga berdampak di bangunan SD Argosari 2, merusak rumah di 12 desa dan 7 kecamatan, yang sampai sekarang sedang dalam pendataan. Puskesmas Pronojiwo juga terdampak.

Baca juga : Dampak Gempa Malang Lumayan Dahsyat, Ini Rinciannya

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Malang menyatakan gempa magnitudo 6,7 yang mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang kemudian diikuti gempa susulan.

Berdasarkan catatan BPBD Jatim, info gempa magnitudo 6,7 pada pukul 14.00 WIB, lalu gempa susulan meliputi gempa magnitudo 3,2 pukul 14.53 WIB, gempa magnitudo 3,6 pukul 15.05 WIB dan gempa magnitudo 3,3 pukul 16.04 WIB.

Lokasinya, pertama di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 25 kilometer, kemudian gempa susulan di 77 kilometer barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 46 kilometer, 75 kilometer barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 41 kilometer, 72 kilometer barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 43 kilometer. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.