Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tahun Depan, Ridwan Kamil Ngarep Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Beroperasi

Selasa, 13 April 2021 11:17 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (ist)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dengan panjang rel 142 kilometer sudah bisa beroperasi pada 2022.

"Progres sudah 70 persen. Arahan Presiden, di semester dua tahun 2022 kereta harus sudah bisa dipakai dari Jakarta ke Bandung," kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Jawa Barat 2021, di Trans Luxury Hotel Bandung, Senin (12/04/2021).

Gubernur mengungkapkan, pada 26 November 2020 telah diputuskan Padalarang dipilih menjadi stasiun konektivitas KCJB menuju Stasiun Bandung di Kebon Kawung.

Baca juga : Tambah Stasiun, Luhut Target Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kelar Juli

“Saya memberikan masukan yaitu di jalur kereta dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung perlu dibangun empat hingga lima flyover," katanya.

Menurut Kang Emil, sebelum ada pembangunan KCJB, kawasan Padalarang menjadi langganan macet karena terdapat perlintasan sebidang. Sekarang saja tanpa ada kereta cepat jalur Padalarang-Bandung itu bikin macet karena ada perlintasan sebidang sehingga perlu flyover.

"Masukan tersebut mendapat respons positif dari pemerintah pusat dan merencanakan akan membangun lima titik flyover ditambah underpass di sekitar jalur kereta Padalarang sampai Kebon Kawung," ujarnya.

Baca juga : Pertamina Pastikan Kilang Balongan Kembali Beroperasi

Pihaknya berharap, dengan adanya lima flyover tersebut, aktivitas KA cepat di stasiun tidak akan mengganggu lalu lintas di jalan raya, sehingga jika nanti ada perlintasan tambahan untuk kereta cepat frekuensinya bisa per 15 menit dan tidak akan mengganggu lalu lintas di jalan raya.

Untuk diketahui, pembangunan proyek KCJB di Stasiun Padalarang saat ini sedang dibangun stasiun tambahan untuk konektivitas ke Kota Bandung, di mana rencana sebelumnya yaitu di Tegalluar.

Sementara Stasiun eksisiting Padalarang juga tengah direnovasi. Kemudian di Depo Tegalluar, rel kereta terlihat sudah mulai dipasang.

Baca juga : Layanan Transportasi Bakal Dilarang Beroperasi 12 Hari

Sebelumnya, Gubernur bersama Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pengerjaan proyek KCJB di Stasiun Padalarang dan Depo KCJB di Tegalluar. Hadir juga dari Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) diwakili Wakil Menteri Kartika Wiroatmodjo. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.