Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tambah Stasiun, Luhut Target Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kelar Juli

Senin, 12 April 2021 16:50 WIB
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat meninjau Stasiun Padalarang, Senin (12/4). (Foto: Istimewa)
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat meninjau Stasiun Padalarang, Senin (12/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengecek perkembangan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Ternyata ada penambahan stasiun. Luhut menargetkan stasiun tersebut bisa kelar bulan Juli mendatang.

Ada sejumlah lokasi yang ditinjau Luhut, antara lain Stasiun Padalarang, Stasiun Tegalluar, Depo Angkutan Rel Tegalluar, dan fasilitas Track Laying Tegalluar.

Ia datang didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri II Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoadmodjo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Duta Besar Repulik Rakyat Tiongkok Xiao Qian, juga datang.

Baca juga : Hasil Curian Lebihi Target, Maling Kena Serangan Jantung

Adapun rencana penambahan titik, yaitu stasiun Padalarang. Luhut ingin memastikan bahwa stasiun tersebut bisa selesai pengerjaannnya pada bulan Juli mendatang. “Nanti akan saya tinjau kembali pembangunannya,” ungkap Menko Luhut ketika meninjau Stasiun Padalarang, Senin (12/4).

Menurut penjelasan PT KCIC, penambahan Stasiun Padalarang dilakukan untuk memberikan pilihan kenyamanan terintegrasi yang lebih baik untuk masyarakat. Diharapkan, penambahan titik ini dapat membantu pengembangan daerah sekitar.

Sementara di Stasiun Tegalluar, Luhut menargetkan pengerjaannya selesai Oktober, mendatang. Ia berjanji akan kembali ke stasiun itu untuk mengecek perkembangannya. Pembangunan kontruksi di Stasiun Tegalluar terus dilakukan untuk mengejar target penyelesaian di tahun 2022.

Baca juga : Sudah Dua Kali Divaksin, Gus Mus: Aku Tetap Bermasker Jika Keluar Rumah

Menko Marves beserta rombongan juga melihat track laying facility yaitu fasilitas penunjang pemasangan rel. Pada fasilitas ini, rel yang tiba dari Depo Tegalluar kemudian diluruskan untuk selanjutnya dilakukan tes uji, setelahnya disambung dari masing-masing 50 meter menjadi 500 meter dengan sistem las.

Setelah proses selesai, rel-rel yang sudah disambung itu diberangkatkan dari track laying facility menuju lokasi pemasangan rel di trase Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang dikerjakan oleh PT KCIC berjalan secara paralel.

Selain pembangunan jalur kereta, pembangunan stasiun dan sarana penunjang lainnya juga menjadi target yang akan diselesaikan pada tahun 2022. “Setiap 3 (tiga) bulan kita akan melakukan evaluasi serta pengecekan dari kemajuan pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung sehingga pengerjaannya tepat waktu”, pungkas Luhut. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.