Dark/Light Mode

53 Prajurit Gugur, TNI AL Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Selasa, 27 April 2021 09:00 WIB
Ilustrasi. Pengibaran bendera setengah tiang. (Dok. Dinas Penerangan Angkatan Laut)
Ilustrasi. Pengibaran bendera setengah tiang. (Dok. Dinas Penerangan Angkatan Laut)

RM.id  Rakyat Merdeka - TNI Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan hari berkabung dengan mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang selama 7 hari mulai, Senin 26 April hingga 1 Mei 2021.

Dalam pernyataan tertulis dari Dinas Penerangan Angkatan Laut, disebutkan bahwa pengibaran bendera setengah tiang ini sebagai wujud rasa bela sungkawa, rasa duka cita yang mendalam atas gugurnya 53 prajurit Hiu Kencana patriot sejati, putra-putra terbaik bangsa, patriot terbaik penjaga kedaulatan negara.

Selain pengibaran bendera setengah tiang, di seluruh Kesatuan TNI AL juga melaksanakan doa bersama mendoakan pengawak KRI Nanggala-402 yang gugur dalam tugas di perairan laut Bali.

Baca juga : Puan Minta Seluruh Anggota DPR Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Personel TNI AL muslim melaksanakan Shalat Ghaib dan Tahlil.

Sementara itu, umat lainnya baik Kristiani, Hindu secara serentak juga mendoakan 53 prajurit yang gugur di tempat ibadahnya masing-masing.

Serta berdoa untuk keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kesabaran dan keikhlasan.

Baca juga : Kompak! Prajurit TNI AL Doakan Keselamatan ABK KRI Nanggala-402

TNI Angkatan Laut dalam hal ini dilaksanakan Komando Armada (Koarmada) II Surabaya, Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial), Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Disbintalal) dan Pangkalan-pangkalan Angkatan Laut (Lanal) terdekat dengan keluarga korban selain melaksanakan takziah.

TNI AL juga melaksanakan pendampingan dengan memberikan dukungan moril kepada keluarga korban termasuk mendata permasalahan mereka, serta membantunya.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, menyampaikan rasa duka yang sangat mendalam atas musibah ini.

Baca juga : Jangan Menyerah Dengan Keadaaan

“Semoga arwah mereka ditempatkan disisi paling mulia Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi musibah ini," ungkap Kasal. [DR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.