Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Erick Thohir: BUMN Harus Turut Membangun Ekonomi Ummat

Jumat, 30 April 2021 23:12 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Rizky Syahputra/RM)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Rizky Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - BUMN yang baik tak sekadar perusahaan yang punya catatan kinerja positif, dan pencapaian keuntungan semata. Lebih dari itu, akhlak BUMN yang sempurna harus mampu memberi manfaat bagi masyarakat banyak. Sekaligus membuat produk dan beragam inisiatif,.agar memberikan berdampak terjadinya hubungan antar masyarakat yang saling membantu.

Hal itu ditekankan Menteri BUMN yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah, Erick Thohir, saat menghadiri Buka Puasa Bersama di Kediaman Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (30/4).

Selain dihadiri Habib penuh kharismatik tersebut sebagai tuan rumah, acara itu juga diikuti para Kyai dan pengasuh pondok-pondok pesantren Kota Pekalongan.

Baca juga : OJK Terus Dorong Pemulihan Ekonomi Sektor UMKM

Kegiatan yang dilakukan pada bulan penuh berkah itu juga bersamaan dengan sosialisasi bertema "Energi Baik Ramadhan, Berkah Pertashopku. Mandiri Pesantrenku, demi membangun ekonomi kerakyatan" yang dihadiri Kepala BPH Migas Ir. M. Fanshurullah Asa, Direktur Pertamina Retail Iin Febryan, dan Direktur Utama BSI yang juga Bendahara MES (Masyarakat Ekonomi Syariah).Hery Gunardi.

"Dalam satu hadistnya, Nabi Muhammad SAW menyatakan, bahwa mukmin yang satu dengan yang lainnya bagaikan sebuah bangunan yang saling memperkuat, antara sebagian dengan sebagian yang lainnya," papar Erick di depan para tokoh.

"Oleh sebab itu, dalam konteks membangun masyarakat ekonomi syariah yang kuat dan memberi manfaat bagi banyak orang, saya terus mendorong agar perusahaan BUMN juga memberi manfaat bagi masyarakat dalam bentuk produk dan inisiatif yang dilakukan perusahaan tersebut," imbuhnya.

Baca juga : Peran Perempuan Dalam Pengembangan Ekonomi Syariah

Dalam beberapa pekan terakhir, Erick kerap berkunjung ke berbagai pelosok daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat, untuk melihat berbagai perusahaan BUMN bersinergi dengan berbagai lapisan di masyarakat, untuk bergotong royong membangun ekonomi rakyat. Sehingga lebih mandiri dan kuat.

Ia mencontohkan, bentuk sinergi antara Pertashop yang dikelola Pertamina, lalu BRI Link milik Bank Rakyat Indonesia, serta Bank Syariah Indonesia (BSI) yang berkomitmen memberikan dukungan produk dan jasa layanan perbankan dirancang agar dapat mengangkat perekonomian para pengusaha kecil di daerah dan juga kalangan pondok pesantren.

"Yang terpenting, masyarakat merasakan langsung. Ada rasa syukur karena usaha sendiri yang didukung perusahaan BUMN mampu memberi manfaat. Bukan hanya bagi mereka sendiri sebagai pemilik, tapi bagi masyarakat sekitar. Membuka lapangan kerja. Masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke pom bensin, atau ke ATM dan bank," papar Erick.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.