Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Antisipasi Lonjakan, Kemenhub Siapkan Kapal Bantuan

Ribuan Buruh Migran Mudik Lewat Batam

Senin, 3 Mei 2021 05:42 WIB
Puluhan PMI dari Malaysia mengantre setibanya di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Sabtu (1/5/2021). (Foto : ANTARA).
Puluhan PMI dari Malaysia mengantre setibanya di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Sabtu (1/5/2021). (Foto : ANTARA).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ribuan buruh migran Indonesia yang bekerja di negeri tetangga diproyeksi mudik ke Tanah Air lewat Batam. Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiagakan kapal bantuan untuk melayani para pahlawan devisa negara tersebut.

Kemenhub membolehkan kapal penumpang memberikan pelayanan kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan pekerja migran yang kembali ke Indonesia. Hal ini diatur di dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permen­hub) Nomor 13 Tahun 2021.

Baca juga : Kemenhub Dukung Kampanye Mudik Sehat dari Rumah

Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pekerja migran da­pat memanfaatkan kapal bantuan setelah memenuhi persyaratan perjalanan dan dinyatakan negatif Covid-19.

“Saya telah menginstruksikan jajaran Ditjen Perhubungan Laut untuk mengawasi kegiatan ini dengan baik, dan berkoordi­nasi secara intensif dengan Tim Satgas Penanganan Covid-19, Pemerintah Daerah di Batam, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan, dan pihak terkait lainnya,” kata BKS-sapaan akrab Budi Karya saat meninjau Pelabuhan Internasional Batam Centre, di Kepulauan Riau, kemarin.

Baca juga : BTN Kembali Salurkan Bantuan Rp 500 Juta Untuk Masyarakat NTT

BKS menawarkan, dua opsi untuk menjamin kepulangan para pekerja migran ke Tanah Air di Lebaran nanti. Pertama, transportasi udara untuk buruh migran yang memiliki kemam­puan finansial memadai. Kedua, transportasi laut menggunakan kapal bersubsidi untuk buruh migran kurang mampu.

“Secara umum jika ingin menggunakan kapal laut dan be­lum berkemampuan melakukan pergerakan, kami menugaskan kapal bersubsidi di Batam untuk melayani,” terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.