Dark/Light Mode

Kabar Duka, Bos Tempo Media Toriq Hadad Meninggal Dunia

Sabtu, 8 Mei 2021 08:59 WIB
Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk, Toriq Hadad (Foto: Twitter @arifz_tempo)
Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk, Toriq Hadad (Foto: Twitter @arifz_tempo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar duka datang dari industri pers Tanah Air. Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk yang juga mantan Pemimpin Redaksi Majalah dan Koran Tempo, Toriq Hadad menghembuskan napas terakhirnya di RS Pondok Indah Jakarta pada Jumat (7/5).

"Telah meninggal dunia Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk, mantan Pemimpin Redaksi Majalah Tempo dan Koran Tempo, Bapak Toriq Hadad semalam di RS Pondok Indah, Jakarta. Insya Allah Almarhum husnul khatimah. Mohon doanya," demikian pesan yang beredar di kalangan wartawan, Sabtu (8/5).

Info ini antara lain juga disampaikan Kepala Pemberitaan Korporat Tempo Media yang juga Anggota Dewan Pers, Arif Zulkifli.

Baca Juga : SIM Keliling Polda Metro, Hari Ini Buka Sampai Pukul 12 Siang

"Selamat jalan sahabat dalam senang dan sedih @thhadad. Orang lurus yang menjaga jurnalisme dengan sepenuh hati," kata Arif via akun Twitter pribadinya, @arifz_tempo, Sabtu (8/5).

Berdasarkan info yang tercatat di laman resmi Tempo Media Group, Toriq Hadad pertama kali bergabung dengan Tempo sebagai reporter, pada tahun 1984. Usai menamatkan pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB).  

Selanjutnya, pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur tahun 1960 itu mengemban tugas sebagai Kepala Biro di Jawa Timur (1987-1989) dan Kepala Biro Jakarta (1992-1994), sampai Tempo dibredel.

Baca Juga : Chelsea Islan, Rehat Demi Mental

Tahun 1995, bersama Yusril Djalinus (alm) dan sejumlah wartawan, pria yang hobi tenis meja itu mendirikan situs berita online pertama di Indonesia: Tempo Interaktif, yang kini menjadi Tempo.co.

Sepuluh tahun berselang, Toriq menjabat Pemimpin Redaksi Koran Tempo. Setahun kemudian, ia memimpin Majalah Tempo sekaligus menjadi Direktur PT Tempo Inti Media Tbk.

Tahun 2017, Toriq diangkat menjadi Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk.  Hingga akhir hayatnya, alumnus Magister Manajemen Sekolah Tinggi Manajemen PPM, ini terus memperkuat pola konvergensi Tempo (cetak, online dan tivi akan menjadi satu kesatuan) di lingkungan Tempo Media Group. [HES]