Dark/Light Mode

Bangun SDM, Dewan Pendidikan Dukung Transformasi IAKN Ke Untara

Sabtu, 8 Mei 2021 14:43 WIB
Bupati Taput Nikson Nababan  menerima dukungan tertulis Dewan Pendidikan soal transformasi IAKN menjadi Untara. (foto:Ist)
Bupati Taput Nikson Nababan menerima dukungan tertulis Dewan Pendidikan soal transformasi IAKN menjadi Untara. (foto:Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan transformasi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya (Untara), terus mengalir. Kali ini, Dewan Pendidikan Tapanuli Utara menyatakan dukungan secara tertulis  terhadap transformasi kampus tersebut.   

Menanggapi itu, Bupati Taput, Nikson Nababan menyambut baik dukungan Dewan Pendidikan soal transformasi IAKN ke Untara. Mereka meyakini transformasi ini akan menciptakan Suber Daya Manusia  (SDM),  yang unggul dan handal sesuai visi dan misi Presiden Jokowi.  

“Selain mewujudkan SDM yang berkualitas, Untara juga dapat mendorong peningkatan sektor ekonomi. Pendidikan adalah jendela dunia dan kemajuan suatu daerah,”  ujar Nikson dalam keterangan tertulisnya kepada RM.ID, Sabtu (8/5).

Baca Juga : Infeksi Covid Dan Merokok Sering Akibatkan Pembekuan Darah

Menurutnya, sektor ekonomi sangat penting karena jika semakin tinggi perputaran uang di suatu daerah, maka semakin besar pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

”Sektor pendidikan mampu memecahkan keterlambatan kemajuan perekonomian Tapanuli Raya dengan sebuah Universitas Negeri Umum. Caranya, bagaimana kita berhenti mengekspor uang dan manusia produktif sehingga SDM kita yang berkualitas tetap tinggal disini untuk membangun,” tambahnya.

Nikson berharap Dewan Pendidikan bisa memberikan edukasi ke masyarakat hierarki tranformasi IAKN menjadi Untara.

Baca Juga : HUT Ke-48 Tahun, Prodia Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

”Moratorium pendirian universitas negeri belum dicabut dan ada proses bila itu dilakukan. Jika itu dicabut untuk membangun universitas baru butuh anggaran besar dan disituasi pandemi itu tidak dimungkinkan, maka yang lebih tepat transformasi IAKN menjadi Untara dengan outputnya bisa lebih bersaing didunia kerja,” tuturya..

Ketua Dewan Pendidikan, Ramlan Nababan menyatakan, dukungan disertai tanda tangan transformasi IAKN ke Untara yang telah melalui proses panjang.

”Kita ikut berjuang mengusulkan ke Presiden Jokowi dan menteri terkait untuk mentransformasi IAKN menjadi Untara, dengan syarat fakultas agama Kristen tetap ada di Untara,” ujar Ramlan. [MFA]