Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Meski Mudik Dilarang, Jasa Marga Bikin Satgas Pengendalian Transportasi Lebaran

Kamis, 29 April 2021 14:28 WIB
Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur saat Kick Off Jasa Marga Siaga yang berlangsung secara virtual Kamis, (29/04). (Foto: Ist)
Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur saat Kick Off Jasa Marga Siaga yang berlangsung secara virtual Kamis, (29/04). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Satuan Tugas (Satgas) PT Jasa Marga (Persero) Tbk Siaga Operasional Hari Raya Idul Fitri 1442 H siap mendukung upaya pengendalian transportasi dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Pada pelaksanaan tugasnya, Tim Satgas Jasa Marga Siaga akan melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan dan prosedur yang berlaku pada lokasi gerbang tol, jalur, check point, dan rest area. Yakni dengan memastikan penerapan physical distancing serta membatasi kapasitas rest area maksimal 50 persen dari kapasitas normal.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur yang juga bertindak sebagai Pembina Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Idul Fitri 1442 H dalam acara Kick Off Jasa Marga Siaga yang berlangsung secara virtual Kamis, (29/04).

Baca juga : Larangan Mudik Akan Berdampak Pada Penjualan Tekstil

Subakti menyampaikan, tahun ini merupakan kali kedua masyarakat harus menjalani Ramadan dan Lebaran dalam situasi pandemi Covid-19.

"Kondisi ini telah mengubah pola perjalanan, mobilitas, dan aktivitas masyarakat, sehingga volume lalu lintas di jalan tol sampai saat ini belum kembali normal seperti sebelum pandemi terjadi," ujarnya.

Dilanjutkan Subakti, pada periode mudik lebaran, biasanya traffic akan meningkat signifikan, namun di Lebaran tahun ini, volume lalu lintas diprediksi lebih rendah dari normal karena pemerintah telah menetapkan kebijakan larangan mudik Lebaran.

Baca juga : Airlangga Terus Jaga Kesimbangan Pengendalian Pandemi Dan Pemulihan Ekonomi

Oleh karena itu, menurut Subakti, meskipun volume lalu lintas tidak setinggi biasanya, Jasa Marga tetap akan siaga dan memberikan kinerja terbaik dalam Pelayanan Operasional Hari Raya Idul Fitri 1442 H, yang juga merupakan operasi kemanusiaan dalam upaya pencegahan penyebaran dan penanggulangan Covid-19.

"Kami juga akan memastikan Tim Satgas dan seluruh tim operasional yang bertugas telah mendapatkan vaksinasi dan selalu memperhatikan protokol pencegahan penularan dan penanggulangan Covid-19, salah satunya yaitu dengan selalu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Subakti juga menjelaskan, berbagai inovasi yang dilakukan oleh Jasa Marga dalam rangka meningkatkan pelayanan dalam periode Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Salah satunya yaitu pengendalian operasional secara lebih efektif dan terintegrasi melalui Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) dalam rangka optimalisasi kinerja dan pelayanan.

Baca juga : Kementan Jaga Strategi Produksi Dan Pengendalian Pangan

"Selain itu, dua hal lainnya yang sangat menarik yaitu yang pertama, Jasa Marga bekerja sama dengan Indonesia Flying Club (IFC) akan melakukan pemantauan sekaligus uji coba patroli udara menggunakan pesawat Cessna untuk memperoleh informasi kondisi lalu lintas secara aktual. Dan yang kedua, Jasa Marga bersama BASARNAS juga berencana melakukan simulasi penyelamatan korban melalui udara, sebagai salah satu upaya antisipasi dan persiapan penanganan kecelakaan lalu lintas serta peningkatan kemampuan petugas rescue," ungkap Subakti.

Jasa Marga juga siap memastikan kesiapan pelayanan berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 dalam pengendalian perjalanan dan random check sampling di rest area sebagai upaya screening untuk mencegah penyebaran Covid-19. Juga memastikan kondisi perkerasan, keberfungsian drainase, kesiapan sarana prasarana, serta pemenuhan seluruh substansi SPM jalan tol.

Selain itu, memperhatikan aspek keselamatan dengan memantau dan melakukan pengendalian pada titik rawan kecelakaan, longsor, dan lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan lalu lintas. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.