Dewan Pers

Dark/Light Mode

Wimar Witoelar Akan Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Rabu, 19 Mei 2021 11:24 WIB
Wimar Witoelar. (Foto: Ist)
Wimar Witoelar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jenazah Mantan Juru Bicara Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Wimar Witoelar akan disemayamkan di Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir, sore ini.

"Jenazah akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, mungkin sore. Waktu pemakaman akan diberitahukan lebih lanjut," ungkap Direktur Utama Biro Konsultan InterMatrix Communication (IMX) Erna Indriana, Rabu (19/5).

Saat ini, jenazah Wimar disemayamkann di rumah duka, di kawasan Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan.

Berita Terkait : Di Hari Lebaran, Sampah DKI Jakarta Capai 2.142 Ton

Terpisah, Ketua Yayasan Perspektif Baru Hayat Mansur meminta para kerabat dan sahabat yang ingin memberi penghormatan terakhir saat pemakaman, agar dapat tetap mematuhi ketentuan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami mengimbau bagi kerabat dan sahabat yang ingin memberikan penghormatan terakhir dan doa dapat dilakukan saat pemakaman dengan tetap harus mematuhi protokol kesehatan," imbau Hayat dalam keterangan tertulis.

Sebelumnya, Wimar sempat dinyatakan kritis di RS Pondok Indah sejak Rabu (13/5) pekan lalu karena mengalami sepsis. Sepsis adalah komplikasi akibat infeksi yang dapat menimbulkan tekanan darah turun drastis serta kerusakan pada banyak organ.

Berita Terkait : Puan Tinjau Larangan Mudik Di Tiga Provinsi

Sepekan sebelum dirawat ke RS Pondok Indah, Erna menyebut Wimar sempat mengeluh rasa sakit di lambung dan sempat muntah darah. Pria berusia 75 tahun itu juga tercatat memiliki penyakit penyerta seperti diabetes yang masih terkontrol aktif mengonsumsi obat.

Erna memastikan, Wimar tidak terinfeksi virus Covid-19 setelah melakukan tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) dan sudah menjalani vaksinasi Covid-19. "Bukan Covid, karena sudah PCR dan boleh dikunjungi keluarga," bebernya.

Selain sebagai Jubir Kepresidenan periode 2000-2001, Wimar juga dikenal sebagai presenter televisi program Perspektif dan Selayang Pandang pada era orde baru.

Berita Terkait : Novel Baswedan Akan Dipecat dari KPK? Ini Kata Firli Bahuri

Wimar yang lahir di Padalarang, Jawa Barat, 14 Juli 1945 itu juga dikenal sebagai kolumnis media massa lokal dan internasional (Today, Business Week, News week, Australian Financial Review), komentator TV (ABC, CNBC, CNN), serta kerap menjadi pembicara politik dan ekonomi dalam acara internasional. [OKT]