Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diresmikan Hari Ini Di Lemhannas

Megawati: Patung Bung Karno, Inspirasi Generasi Penerus Bangsa

Kamis, 20 Mei 2021 15:19 WIB
Presiden kelima Megawati Soekarnoputri memandang patung ayahnya, Bung Karno yang tengah membaca buku di depan Gedung Lemhannas. Patung ini diresmikan Megawati, Kamis (20/5). (Foto: Ist)
Presiden kelima Megawati Soekarnoputri memandang patung ayahnya, Bung Karno yang tengah membaca buku di depan Gedung Lemhannas. Patung ini diresmikan Megawati, Kamis (20/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden kelima Megawati Soekarnoputri hari ini meresmikan patung Bung Karno di depan kantor Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), dalam peringatan hari lahir ke-56 tahun lembaga yang dirintis Presiden Soekarno, 20 Mei 1965 silam.

Ketua Umum PDI Perjuangan ini hadir di acara peresmian itu bersama putrinya yang juga Ketua DPR Puan Maharani dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan dari Lemhannas, nampak Gubernur Lemhanas RI Agus Widjojo

Megawati berterima kasih atas diresmikannya patung ayahnya tersebut. "Kami keluarga besar Bung Karno mengucapkan beribu terima kasih atas dibuatnya patung Bung Karno, Presiden pertama Republik Indonesia, proklamator, pahlawan nasional," ujar Megawati usai peresmian Patung Bung Karno di Gedung Lemhannas, Kamis (20/5). 

Megawati berharap, patung Bung Bung Karno ini menjadi pengingat ajaran, dan pengabdian Bung Karno kepada bangsa Indonesia. Selain itu, patung Bung Karno diharapkan jadi inspirasi penerus bangsa. 

Dia menjelaskan, patung yang diresmikan hari ini mengacu pada patung Bung Karno di Museum Blitar. 

Baca juga : Biden Cuekin Hak Paten Vaksin, Industri Farmasi Panas Dingin

Diketahui, patung Bung Karno di Lemhannas ini dibuat lebih besar dengan teknik karakter monumental oleh seniman Yogyakarta, Dunadi. Ukuran patungnya 4 meter. Dibuat dengan bahan logam campuran, tembaga, kuningan, timah, dan seng sari. Warnanya perunggu kimia bakar. Beratnya, lebih daridua ton. 

Patung Bung Karno ini, lanjut Megawati, menjadi ikon bahwa Lemhannas merupakan lembaga pendidikan bagi para calon pemimpin bangsa. Sehingga diwujudkan sedang duduk membaca buku. 

"Bung Karno seorang yang senang membaca buku. Beliau terinspirasi dan tergerak melahirkan gagasan dan kebijakan revolusioner, bukan hanya bagi kemajuan bangsa Indonesia, tapi bagi terwujudnya gerak kemerdekaan bangsa-bangsa Asia-Afrika, hingga perdamaian dunia," papar Megawati. 

Megawati lalu menggambarkan patung memiliki dudukan yang ternyata memiliki makna. Pertama, segi empat dan segi lima bermakna tahun kemerdekaan. Kedua, segi delapan bermakna bulan kemerdekaan. Ketiga, segi dudukan patung berjumlah tujuh belas yang bermakna tanggal kemerdekaan. 

"Saat ini, tugas kita bukan hanya mempertahankan kemerdekaan, tapi mengisi kemerdekaan dengan kontribusi positif sesuai dengan bidangnya masing-masing, demi kemajuan bangsa," jelasnya. 

Baca juga : Sosok Kartini Dalam Pembangunan Air Minum dan Sanitasi di Pedesaan

Mega lantas mengajak semua rakyat Indonesia tetap meyakini Tuhan Yang Maha Kuasa tidak akan memberi ujian melebihi kemampuan hambanya. Termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Semua ini pasti bisa kita lalui dengan disiplin dan kerja keras, bergotong royong, atau yang dikenal generasi muda sebagai kolaborasi, saling meringankan beban, melaksanakan kegotong royongan secara nyata, sebagai nilai luhur yang memang sudah lama hidup, dan akan terus hidup dalam jiwa bangsa Indonesia," pungkas Mega.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan, Lemhannas tidaklah asing bagi Megawati dan putri Bung Karno itu memberi perhatian kepada Lemhannas dengan beberapa kali menghadiri kegiatan di lembaga yang berlokasi di dekat Monas itu. 

"Keberadaan Lemhannas penting dan strategis guna menggembleng para calon pemimpin bangsa. Mereka harus dibekali dengan ilmu geopolitik agar memahami cara pandang bangsa Indonesia terhadap dunia, dan memperjuangkan kepentingan nasional bangsa berdasarkan konstelasi geopolitik antarbangsa," ucap Hasto. 

"Ibu Megawati berpesan saat kita melihat patung  Bung Karno, diharapkan kita akan ingat pada ide, gagasan, pemikiran, cita-cita dan pengabdian beliau kepada bangsa Indonesia, serta menginspirasi kita sebagai generasi penerus untuk terus berjuang demi Indonesia Raya," lanjut Hasto. 

Baca juga : Desa Wirotaman Di Kecamatan Ampelgading, Paling Parah Terdampak Gempa Selatan Malang

Hasto menambahkan, Megawati berharap Lemhannas dapat mewujudkan diri sebagai lembaga yang berkualitas, kredibel, dan berkelas dunia dalam bidang ketahanan nasional. 

Sementara itu, Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo mengatakan Presiden Soekarno mendirikan Lemhannas RI pada 1965 di tengah polarisasi dunia yang berdampak kepada kehidupan nasional yang penuh ketidakstabilan. 

"Presiden pertama Indonesia Ir. Sukarno  berhasil mendirikan suatu lembaga pendidikan tinggi pertahanan untuk membentuk dan mengembangkan tenaga-tenaga pembina baik sipil maupun militer, pada tingkat politik strategi pertahanan nasional," ucap Agus. 

Gubernur Lemhannas pun menekankan penting dan strategisnya keberadaan Lemhannas RI hingga saat ini.  Keseluruhan acara dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Agenda peresmian patung Bung Karno ini juga disiarkan melalui kanal Youtube Lemhannas RI. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.