Dark/Light Mode

Pasca Gempa Blitar, 287 Rumah Di Kabupaten Malang Rusak

Minggu, 23 Mei 2021 17:45 WIB
Ilustrasi kerusakan rumah akibat gempa yang mengguncang Blitar, Jumat (21/5) lalu. (Foto: Antara)
Ilustrasi kerusakan rumah akibat gempa yang mengguncang Blitar, Jumat (21/5) lalu. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Jawa Timur mencatat 287 unit rumah warga di daerah itu mengalami kerusakan akibat gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Blitar pada Jumat (21/5).

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono mengatakan hingga saat ini proses pendataan kerusakan akibat gempa berkekuatan magnitudo 5,9 tersebut masih berlangsung.

Baca juga : Digoyang Gempa Semalam, Puluhan Rumah Di Jatim Rusak

“Sebanyak 287 unit rumah rusak. Warga diimbau tetap tenang dan hindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa," ujar Sadono, Minggu (23/5).

BPBD Kabupaten Malang melaporkan 287 unit rumah yang mengalami kerusakan itu, terdiri dari 204 unit rumah rusak ringan, 68 unit rumah rusak sedang, dan 15 rumah lainnya rusak berat. BPBD juga mencatat satu korban luka-luka akibat gempa tersebut.

Baca juga : Gempa Blitar M6,2, Guncangannya Terasa Sampai Malang Raya

Sadono menambahkan pihaknya terus melakukan koordinasi lintas sektor untuk melakukan pendataan awal korban terdampak.

BPBD juga mengirimkan TRC dan relawan untuk melakukan asesmen, termasuk penyaluran bantuan sesuai kebutuhan daerah terdampak.

Baca juga : Anak Sungai Meluap, 160 Rumah Di Kabupaten Ogan Komering Ulu Kebanjiran

Selain menyebabkan kerusakan pada tempat tinggal warga, katanya, sejumlah fasilitas umum juga dilaporkan mengalami kerusakan.

"Fasilitas umum yang mengalami kerusakan, antara lain tiga unit rumah ibadah, 13 unit fasilitas kesehatan (faskes) dan dua fasilitas umum lainnya. 14 dari 33 kecamatan di Kabupaten Malang dilaporkan terdampak gempa tersebut," ujar Sadono. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.