Dark/Light Mode

Arsjad: Pancasila Itu Penolong, Bukan Membebani Rakyat

Selasa, 1 Juni 2021 13:00 WIB
Wakil Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid/IG
Wakil Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid/IG

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid menyatakan, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila adalah penolong bagi bangsa dan rakyat Indonesia tumbuh menjadi negara maju.

Menurut Calon Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026 ini, Pancasila turut membantu pemerintah, dunia usaha dan rakyat mengatasi berbagai persoalan yang kini dihadapi Indonesia, baik di bidang kesehatan maupun ekonomi.    

“Pancasila adalah ideologi yang hidup di tengah keberagaman bangsa Indonesia. Pancasila selalu terbukti berhasil  menyelesaikan persoalan bangsa. Pancasila penolong, bukan membebani rakyat," kata Arsjad dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Jakarta, Selasa (1/6).

Baca juga : Pernah Dituding Mengotori Mata

Peringatan Hari Lahir Pancasila digelar secara daring di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta. 

Presiden Jokowi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, bertindak selaku Inspektur Upacaea. Ketua MPR Bambang Soesatyo  bertugas membacakan teks Pancasila, Ketua DPR Puan Maharani membacakan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy sebagai pembaca doa.

Arsjad mengungkapkan, nilai-nilai Pancasila yang tercermin pada semangat gotong-royong juga diterapkan saat bangsa Indonesia berjuang mengatasi pandemi Covid-19.

Baca juga : BPIP: Nilai Pancasila Pegangan Dalam Berdemokrasi

Sebagai ideologi bangsa, lanjutnya, Pancasila adalah penyemangat bagi rakyat Indonesia untuk bergerak aktif memperkokoh persatuan dalam mewujudkan Indonesia maju yang dicita-citakan.

Peringatan Hari Lahir Pancasila, menurut Arsjad, yang diperingati setiap 1 Juni harus dimanfaatkan untuk makin memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat,  berbangsa dan bernegara.

“Kita makin perkokoh falsafah Pancasila yang telah menyatu dalam kehidupan kita sehari-hari. Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa harus tumbuh dan berkembang bagi kemajuan Indonesia," kata Arsjad. [WHY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.