Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng PUPR, Pemkab Tangerang Bangun Perumahan Skala Besar

Selasa, 1 Juni 2021 13:27 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (kiri) dan Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid. (Foto: ist)
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (kiri) dan Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan Pengembangan Perumahan dan Permukiman Skala Besar (PPSB).

Proyek ini bakal dilakukan di wilayah Kabupaten Tangerang bagian utara dan selatan, Provinsi Banten. Adapun pembangunan di kedua wilayah itu disebut bisa paralel dilakukan secara beriringan.

"Dua zona itu nantinya akan menjadi prioritas dalam pembangunan program perumahan permukiman skala besar di Kabupaten Tangerang," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam keterangannya, dikutip Selasa (1/6).

Baca juga : PT PAL Teken Perjanjian MRO Kapal Perang Dengan Perusahaan Swedia

Pemkab Tangerang telah membuat usulan tentang rencana pembangunan PPSB untuk masyarakat. Dengan usulan itu, kata Zaki, jangan sampai Kabupaten Tangerang menjadi seperti kota-kota besar yang sudah mengalami perkembangan pesat tetapi sebagian wilayahnya ada yang termarjinalkan.

"Mudah-mudahan rencana pembangunan PPSB ini bisa segera direalisasikan, karena ini menjadi salah satu bagian masterplan perencanaan pembangunan di Kabupaten Tangerang. Apalagi, kami ini merupakan daerah tujuan urbanisasi sangat tinggi yang memiliki potensi sangat besar," ujarnya.

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengapresiasi berbagai potensi yang ada di wilayah Tangerang. Dia juga menilai jika pengembangan perumahan berskala besar dengan hunian layak di wilayah Kabupaten Tangerang sangat mendesak dilakukan.

Baca juga : Bamsoet Puji Pemkab Purbalingga Raih WTP 5 Kali Berturut-turut

“Karena Tangerang kawasan penyangga Ibu Kota Jakarta, memiliki lahan yang cukup luas untuk dijadikan pilot project pengembangan perumahan skala besar. Namun untuk mewujudkan hal ini kami butuh dukungan dari pemda dan pengembang serta masyarakat,” kata dia.

Selain itu, Khawali mengingatkan, pemkab juga wajib memiliki peraturan rencana pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman (RP3KP) serta pembebasan lahan sekurangnya 50 persen dari luas lahan yang diperlukan untuk pembangunan perumahan.

Menurut Khalawi, pemenuhan kebutuhan rumah bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19 perlu menjadi salah satu fokus pemerintah. Melalui program Sejuta Rumah, pemerintah ingin agar setiap masyarakat bisa menempati hunian yang layak. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.