Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Masih Terisolir, Latar Belakang Masuknya TMMD Ke Desa Binusan Dalam

Selasa, 15 Juni 2021 21:43 WIB
Kondisi Desa Binusan Dalam, Nunukan, Kalimantan Timur. (Foto: Kodim 0911/Nunukan)
Kondisi Desa Binusan Dalam, Nunukan, Kalimantan Timur. (Foto: Kodim 0911/Nunukan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Desa Binusan Dalam merupakan salah satu Desa persiapan yang kini tengah menjadi sasaran kegiatan dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah Perbatasan ke 111 Tahun 2021. Segala macam kekurangan sudah ditelan pahit oleh ratusan warga yang tinggal didalamnya, khususnya RT 11, selama bertahun-tahun.

Sappe, ketua RT 11 mengatakan, warganya saat ini masih kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Biasanya warga hanya mengandalkan sumur gali. Sumur galian itu, kering ketika musim kemarau. Berbagai macam kesulitan ini telah disampaikan ke Desa induk dan Kecamatan.

Baca juga : Duarrr, Ledakan Gas Di China Tewaskan 12 Orang

Selain air, listrik dan akses jalan juga terbatas. "Kami harus membiasakan dengan cahaya terbatas pada malam hari, kesulitan air dan sulitnya membeli sembako,” ungkapnya, Selasa (15/6).

Harusnya, kata Sappe, Desa Binusan Dalam ini bisa berkembang selayaknya desa lainya di Kabupaten Nunukan. Soalnya, desa ini masih satu daratan dengan Pulau Nunukan. "Rasanya aneh sekali melihat wilayah ibu kota kabupaten yang jaraknya tidak jauh justru bisa terang benderang," kisah Sappe

Baca juga : Tok! Pemerintah Tak Berangkatkan Haji Pada Tahun Ini

Kondisi itu menjadi salah satu latar belakang Kodim 0911/Nunukan melaksanakan TMMD di wilayah tersebut. Dimulai dari survei awal oleh Danramil dan Babinsa, hingga melaporkan desa tersebut ke Komando atas untuk diusulkan menjadi sasaran TMMD ke 111 ini.

TMMD yang akan berjalan selama 30 hari ini akan menggarap beberapa aspek penting. Di antaranya, pembukaan badan jalan, pembuatan plat duicker, rehab rumah sebanyak 5 unit, pembuatan MCK, dan pembuatan tempat penampungan air bersih.

Baca juga : KPK Baru Tetap Galak

Sebelumnya Satgas TMMD Kodim 0911/Nunukan telah melakukan kegiatan Pra TMMD sejak tanggal 1 Juni 2021 lalu. Dansatgas TMMD Letkol Czi Eko Pur Indriyanto mengatakan, masih sulitnya akses membuat desa ini mengalami kendala dalam perkembangan untuk kesejahteraan warganya.

"Untuk sasaran tahun ini berada di Desa Binusan Dalam Kecamatan Nunukan, memang jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Nunukan, namun perlu diketahui bersama bahwa di Desa Binusan dalam khususnya di RT 11 ini masih terisolir. Jadi belum ada akses jalan, yang dapat digunakan oleh 55 KK yang tinggal di RT 11," bebernya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.