Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemerintah Sebut 99 Persen UMKM Dapat Bantuan Selama Pandemi Covid-19

Kamis, 17 Juni 2021 00:02 WIB
Dialog Kreativitas UMKM Bertahan di Masa Pandemi yang ditayangkan di FMB9ID_IKP, Rabu (16/6). (Foto: Youtube)
Dialog Kreativitas UMKM Bertahan di Masa Pandemi yang ditayangkan di FMB9ID_IKP, Rabu (16/6). (Foto: Youtube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memberikan bantuan modal kerja, subsidi kredit UMKM, hingga relaksasi bunga kredit perbankan demi mempertahankan sektor UMKM selama pandemi virus Corona (Covid-19).

Stafsus Menkop UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Fiki Satari menyampaikan, berdasarkan hasil survei Lembaga Demografi FMB UI, 99 persen UMKM sudah mendaftar dan menerima bantuan pemerintah.

"Lalu mayoritasnya membelanjakan bantuan tersebut untuk membeli bahan baku dan barang modal,” kata Fiki dalam dialog 'Kreativitas UMKM Bertahan di Masa Pandemi' yang ditayangkan di FMB9ID_IKP, Rabu (16/6).

Masih menurut Fiki, Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro yang sudah tersalurkan hingga saat ini menggapai 9,8 juta usaha mikro atau setara dengan Rp 11,76 triliun. Jumlah tersebut mencapai 77 persen dari pagu anggaran yang totalnya sejumlah Rp 16,36 triliun.

Baca juga : Menaker Minta Perusahaan Utamakan Keselamatan Pekerja

Banpres produktif tahap kedua akan kembali dibuka pada bulan ini dengan menyasar 3 juta usaha mikro. Selain itu, kata Fiki, Kemenkop-UKM tengah mengkaji pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) bagi UMKM unggulan untuk mendapatkan kredit hingga Rp 20 miliar.

Hal ini bertujuan agar para pelaku usaha kecil Indonesia bisa bersaing di kancah global. "Kita berharap ini bisa segera ditetapkan pemerintah," tuturnya.

Direktur Bisnis Kecil & Menengah BRI, Amam Sukriyanto mengatakan, BRI fokus mendampingi UMKM selama pandemi virus Corona.

"Total portofolio kredit BRI lebih dari 80 persennya adalah UMKM. Oleh karena itu BRI betul-betul berusaha menjadi mitra strategis pemerintah mengakselerasi program PEN 2021 ini," ujar Amam.

Baca juga : Kemenkes Dorong Kudus Percepat Suntikan Vaksinasi Covid-19

Amam mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana Kemenkop-UKM meningkatkan KUR hingga Rp 20 miliar. "Kita dengan senang hati menunggu aturan pemerintah yang baru apabila nanti bisa sampai mengucurkan KUR hingga Rp 20 miliar," ungkapnya.

Sementara Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun, mengatakan UMKM saat ini memang sudah mulai bangkit meski belum pulih seperti 2019 lalu. Ikhsan menyebut saat ini banyak pelaku UMKM beralih ke dunia digital dalam menjual produknya.

"Kami mencatat sekitar 5 juta pemain baru di marketplace online pada saat pandemi ini. Mau tidak mau memang UMKM harus masuk dunia digital atau marketplace supaya bisa bertahan," bebernya.

Ikhsan menyampaikan inisiatif Banpres Produktif Usaha Mikro yang digagas dalam program PEN 2020 dan 2021 sangat tepat dalam membantu pengusaha mikro yang pada saat pandemi kesulitan modal untuk bertahan.

Baca juga : Gus AMI Sebut NU Penopang Indonesia Saat Pandemi

"Selain pengusaha mikro, ada tipikal UMKM yang tidak mampu membayar utangnya, yang akhirnya diberikan keringanan pembayaran suku bunga kredit, bahkan bunganya didiskon 50 persen lewat kebijakan pemerintah. Untuk UMKM yang mampu bertahan di masa pandemi diberikan KUR yang sangat membantu mereka untuk bertransformasi,” jelas Ikhsan. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.