Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Patut Ditiru, Pengusaha Peduli NKRI Gelar Donor Plasma Konvalesen

Kamis, 17 Juni 2021 16:13 WIB
Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin, saat mendonorkan plasma konvalesennya. (Foto: Istimewa)
Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin, saat mendonorkan plasma konvalesennya. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meningkatnya kasus Covid-19 mendorong para pengusaha yang bernaung dalam Pengusaha Peduli NKRI memperkuat gerakan nasional donor plasma konvalesen. Gerakan ini diharapkan dapat membantu proses penyembuhan pasien-pasein Covid-19.

Plasma konvalesen adalah plasma darah dari pasien Covid-19 yang sudah sembuh (penyintas Covid-19). Plasma ini digunakan dalam terapi pasien Covid-19 dalam proses penyembuhan. Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin, menerangkan, persyaratan medis yang ketat bagi pendonor plasma konvalesen membuat partisipasi publik juga terbatas.

"Namun, kami berupaya agar metode ini dikenal luas, sehingga semakin banyak penyintas Covid-19 yang memahaminya, dan tergerak mendonorkan plasmanya. Salah satu langkah yang kami tempuh adalah dengan menggandeng perusahaan yang berada di bawah payung Pengusaha Peduli NKRI,” jelas Saleh, saat donor berlangsung di Sinar Mas Land Plaza, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (17/6).

Dalam donor tersebut, ada 15 dari 60 orang pendaftar yang dinyatakan lolos penapisan yang dilakukan tim medis Yayasan Buddha Tzu Chi Cabang Sinar Mas. Pendonor tersebut berasal dari lingkup karyawan Sinar Mas, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, PT Djarum, dan Triputra Group.

Saleh berharap, partisipasi perusahaan dapat mendorong percepatan sosialisasi serta edukasi donor plasma konvalesen, sekaligus memperluas jangkauan manfaatnya di masyarakat. “Solidaritas para penyintas ini adalah kepedulian serta upaya membantu sesama, khususnya kala angka kasus Covid-19 kembali meninggi,” ujar pria yang juga penyintas Covid-19 ini.

Sebelum plasma darah dapat diterima pasien Covid-19, pendonor terlebih dulu mesti memenuhi ketentuan medis, yakni berusia antara 18 hingga 60 tahun, memiliki berat badan minimal 55 kilogram, terbebas dari sejumlah penyakit, dan harus melalui proses pemantauan kondisi antibodi sehari sebelumnya. Kesempatan mendonorkan plasma darah hanya dapat dilakukan penyintas hingga tiga bulan pascasembuh.

Inisiatif Pengusaha Peduli NKRI berasal dari solidaritas perusahaan yang bernaung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Sinar Mas adalah satu di antaranya. Perusahaan-perusahaan ini menggalang donasi yang awalnya ditujukan untuk melengkapi para tenaga medis dan petugas pelayanan publik sesaat setelah penetapan status pandemi Covid-19 tahun lalu, dengan alat pelindung diri, masker, peralatan uji cepat, dan ventilator. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.