Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Polisi Didesak Ungkap Motif Penembakan Wartawan Di Simalungun

Sabtu, 19 Juni 2021 20:50 WIB
Polisi Didesak Ungkap Motif Penembakan Wartawan Di Simalungun

RM.id  Rakyat Merdeka - Poros Wartawan Jakarta (PWJ), mendesak Kepolisian untuk mengusut tuntas kasus dugaan penembakan terhadap Mara Salem Harahap, salah satu wartawan di Simalungun, Sumatera Utara, termasuk motif dibalik pembunuhan tersebut. 

Pelaku harus segera tangkap dan diproses secara hukum untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. 

Baca juga : Polri Diminta Buka Data Oknum Pelaku Pungli Di Tanjung Priok

“Ini sebuah tindakan atau upaya untuk memberangus daya kritis wartawan terhadap suatu masalah yang muncul di tempat tinggalnya. Polisi harus segera usut pelaku dan motif di balik kasus ini,” ungkap Ketua PWJ, Tri Wibowo Santoso kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (19/6).

Tri menyampaikan rasa prihatinnya atas kasus yang kembali menimpa wartawan sebagai korban pembunuhan. Padahal menurut dia, apabila ditemukan adanya masalah hukum yang melibatkan wartawan, sebaiknya diselesaikan melalui jalur Undang-undang Pers, bukan sebaliknya main hakim sendiri.

Baca juga : Politisi PDIP Kesal, Mobil Dibebasin Pajaknya, Sembako Malah Dipajakin

“Kasus kekerasan terhadap wartawan, apalagi sampai menghilangkan nyawa tidak perlu terjadi. UU Pers sudah sangat jelas, di mana membuka ruang bagi pihak lain yang merasa haknya dirugikan akibat adanya pemberitaan pers untuk melakukan upaya melalui Hak Jawab. Namun sayangnya instrumen itu justru diabaikan, bahkan memilih tindakan kekerasan terhadap wartawan,” kata Tri.

Seperti diketahui, Harahap atau akrab disapa Marsal, meninggal dunia usai ditembak orang tak dikenal, Sabtu (19/6).  Pemimpin redaksi (Pemred) media online lokal di Sumatera Utara ini dilaporkan tewas tak jauh dari rumahnya, di Desa Karang Anyar, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun. Luka tembak ditemukan di paha sebelah kiri korban. 

Baca juga : BP2MI Sosialisasi UU Perlindungan Pekerja Migran Di Sumbar

Polda Sumut telah membentuk tim gabungan untuk memburu pelaku penembakan. Hingga saat ini polisi masih menyelidiki kasus itu dan olah tempat kejadian perkara. Namun jenazah korban sudah dibawa ke RS Bhayangkara di Medan untuk diautopsi guna penyelidikan lebih lanjut.

Sebelum tewas tertembak, Harahap sempat divonis enam bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Simalungun, Sumatera Utara atas dugaan melakukan pencemaran nama baik atas pemberitaan berjudul: Proyek Korupsi di RSUD Perdagangan Rp 9,1 miliar diduga melibatkan Bupati Simalungun Saragih dan Oknum Anggota DPRD Simalungun, Elias Barus. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.