Dark/Light Mode

Tower 8 Wisma Atlet Tutup, Pasien OTG Eksodus Ke Rusun Nagrak

Senin, 21 Juni 2021 18:56 WIB
Rusun Nagrak Cilincing, Jakarta Utara. (Foto: Ist)
Rusun Nagrak Cilincing, Jakarta Utara. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasien positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, terus bertambah. Keterisian tempat tidur di Wisma Atlet kini mencapai 81 persen, dari total 7.394 tempat tidur.

Hingga kini, total ada 6.010 pasien covid-19 yang dirawat di sana. Senin (21/6) pagi saja, ada penambahan 135 pasien Covid-19.

Bahkan, Tower 8 yang menampung pasien tanpa gejala sudah penuh. Kini Tower 8 tutup.

Baca juga : Menpora Dukung Pelaksanaan Ekspedisi JKW Keliling Nusantara

"Sudah penuh 99 persen. Kemarin pagi sudah tutup. Pademangan tutup," ujar Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet, Letkol M Arifin, Senin (21/6).

Rusun Nagrak Cilincing, Jakarta Utara yang sudah beroperasi mulai hari ini pun dibuka. Rusun ini ditargetkan menampung lebih dari 4.000 pasien Covid-19 tanpa gejala.

Rusun Nagrak memiliki lima tower. Dalam setiap towernya memiliki 16 lantai. Setiap lantainya memiliki 17 kamar dengan tipe ruangan 36. Sementara, yang digunakan tower 1 sampai 5. Setiap kamar, ada dua kamar dan ruang tamu lebar.

Baca juga : Jepang Mau Vaksinasi Atlet Olimpiade, Penduduknya Ngamuk

Fasilitas isolasi di Rusun Nagrak sedikit berbeda dibanding dengan lokasi isolasi mandiri lainnya seperti Wisma Atlet Pademangan. Tidak ada AC, namun tetap disiapkan kipas angin.

Begitu dibuka, Rusun Nagrak yang berada di Wilayah Marunda mulai didatangi beberapa pasien Covid-19 tanpa gejala. Sejumlah pasien datang diantar bus sekolah. Nampak tiga pasien turun dari bus. Bawa tas dan perlengkapan lainnya. Mereka dikawal petugas berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap menuju ruang registrasi.

Ada juga yang datang dengan ambulan. Dari pengamatan, ambulan ini rujukan dari Puskesmas Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Baca juga : Wisma Atlet Bersiap Tampung Pasien Baru Pasca Lebaran

Diketahui, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara Yudi Dimyati mengatakan, ada ada lima pasien positif Covid-19 yang telah terkonfirmasi dari tiga Puskesmas.  Seperti dari Puskesmas Kecamatan Penjaringan tiga orang, Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading satu orang, dan Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok satu orang.

"Ada lima orang yang akan datang hari ini yang kondisinya tanpa gejala. Kami masih menunggu kedatangan pasien lainnya hingga malam ini," ungkap Yudi. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.