Dark/Light Mode

Melawan Corona

Gubernur dan Nakes Sama-sama Lelah

Rabu, 23 Juni 2021 08:17 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim (Foto: Instagram/wh_wahidinhalim)
Gubernur Banten Wahidin Halim (Foto: Instagram/wh_wahidinhalim)

 Sebelumnya 
Data terbaru dari LaporCovid-19, saat ini sudah ada 964 dokter dan perawat meninggal akibat tertular Corona. Jumlah ini berpotensi terus meningkat mengingat lonjakan Corona di sejumlah daerah terus meroket.

Epidemiolog dari Universitas Indonesia, Pandu Riono menilai wajar bila WH mengaku kelelahan menghadapi pandemi Corona. Namun begitu, dia mengingatkan, kelelahannya itu bukan berarti berhenti untuk berjuang melawan Corona.

“Boleh mengaku capek. Itu manusiawi. Sama seperti para nakes. Tapi kan tidak boleh berpengaruh pada penanganannya,” katanya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dia lantas mengibaratkan melawan Corona seperti lari maraton. Bukan lari jarak pendek. Jadi, harus jaga stamina dan konsentrasi untuk mengatasi Corona. “Harus punya strategi. Jangan juga membabi buta dalam menangani masalah ini,” sarannya.

Salah satunya, lanjut Pandu, strategi dalam memberikan vaksin di sejumlah daerah. Menurutnya, pemberian vaksin itu tidak perlu merata, tapi harus disesuaikan dengan kondisi di daerah. “Vaksinasi mesti dilakukan di daerah yang tinggi penyebarannya,” terangnya.

Kemudian, dia mendorong agar pemerintah dan pejabat negara mampu memberikan contoh dalam melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Jangan sampai kegiatan rapat dan pesta orang besar tetap berlangsung, sementara masyarakat dituntut patuh terhadap prokes.

“Pejabat juga harus memberikan contoh. Nggak boleh lagi tuh ada rapat-rapat secara fisik. Itu tidak memberikan contoh yang baik,” cetusnya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.