Dark/Light Mode

Meski Baru 1 Dosis, AstraZeneca Terbukti Sukses Tekan Risiko Penularan Covid-19

Jumat, 25 Juni 2021 11:14 WIB
Ilustrasi vaksin AstraZeneca (Foto: AFP via Getty Images)
Ilustrasi vaksin AstraZeneca (Foto: AFP via Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penelitian terbaru menunjukkan, vaksin AstraZeneca tak hanya efektif untuk menurunkan risiko Covid-19 bergejala dan berat, tetapi juga menurunkan risiko penularan Corona.

Hal ini disampaikan dr. Adam Prabata, Kandidat PhD dari Kobe University Jepang yang aktif memberikan edukasi tentang Covid-19 via laman Instagram-nya, Kamis (24/6).

Baca juga : Di Kudus, 90 Persen Nakes Terpapar Covid-19 Sembuh

"Jadi, ada penurunan risiko hingga 40-50 persen untuk menularkan Covid-19 ke orang lain yang serumah, bila penderitanya sudah mendapatkan vaksin AstraZeneca," jelas Adam.

Penurunan risiko itu terjadi, bila vaksin AstraZeneca diberikan minimal 21 hari, sebelum penderita terbukti terinfeksi Covid-19. Efektivitasnya sudah terlihat, meski baru mendapat 1 dosis vaksin (Harris, 2021).

Baca juga : Kemenkes Dorong Kudus Percepat Suntikan Vaksinasi Covid-19

"Turunnya risiko penularan Covid-19, diperkirakan akan lebih tinggi pada orang yang telah menerima 2 dosis vaksin AstraZeneca," pungkas Adam. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.