Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Doni Monardo : Larangan Mudik Selamatkan Bangsa Dari Penularan Covid-19

Rabu, 28 April 2021 15:01 WIB
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: Dok. BNPB)
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: Dok. BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan larangan mudik merupakan upaya menyelamatkan diri sendiri, keluarga, dan bangsa Indonesia dari penularan Covid-19 serta menjadi bagian dari program Bela Negara.

"Kami berterima kasih, karena Pak Bupati (Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, red.) sudah mengajak warga terutama para orangtua untuk mengimbau anak-anak mereka yang ada di rantau, untuk jangan mudik dulu. Larangan mudik tolong dipertahankan, tolong dijaga, setelannya sudah pas kata Bapak Presiden Joko Widodo," katanya di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (28/4).

Doni mengatakan gas dan rem dalam penanganan Covid-19 sudah dilakukan dengan baik di seluruh daerah dan hal itu bukan kerja satu-dua pihak serta bukan kerja satu-dua instansi.

Baca juga : Larangan Mudik, Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Disekat Di 7 Titik

"Ini kerja keras bangsa kita. Oleh karenanya, ajakan dan imbauan Bapak Presiden untuk tidak mudik tahun ini, tolong diikuti dengan sukarela, jangan ada perasaan tertekan dengan larangan mudik, menghambat aktivitas silaturahmi," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu.

Ia mengatakan silaturahim diharapkan bisa dicarikan solusinya dengan cara melakukan silaturahim secara virtual.

Posko-posko di desa, lanjut dia, diharapkan bisa memberikan bantuan fasilitas komunikasi kepada warga yang mungkin secara ekonomi tidak mampu agar mereka tetap bisa melakukan silaturahim dengan saudaranya di perantauan.

Baca juga : Sambangi Markas PDI Perjuangan, PKS Belajar Oposisi Dari Banteng

"Kita harus mencari solusi, jangan aktivitas mobilisasi masyarakat kita biarkan tanpa kontrol. Dampak dari mobilisasi, mobilitas orang dalam libur panjang beberapa waktu yang lalu, sudah kita ketahui pasti diikuti dengan kasus aktif (Covid-19) harian," katanya.

Menurut dia, dampak mobilitas warga saat liburan panjang pasti akan diikuti dengan meningkatkan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. "Pasti nanti diikuti dengan korban kematian yang lebih banyak lagi, pasti akan diikuti korban para nakes (tenaga kesehatan), para dokter, perawat, yang akhirnya juga ikut gugur ketika merawat pasien," ujarnya.

Ia berpesan semua pihak harus sadar bahwa upaya pemerintah meminta masyarakat untuk tidak mudik semata-mata demi keselamatan bersama. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.