Dark/Light Mode

Berkursi Roda, Buronan Hendra Subrata Dideportasi Malam Ini Dari Singapura

Sabtu, 26 Juni 2021 18:54 WIB
Buronan Hendra Subrata diterbangkan dari Singapura, pada Sabtu (26/6) pukul 18.45 WIB. (Foto: Istimewa)
Buronan Hendra Subrata diterbangkan dari Singapura, pada Sabtu (26/6) pukul 18.45 WIB. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Hendra pun mulai merasa bersalah, dan mencium gelagat bahwa pemalsuan jati dirinya terungkap. Apalagi, ketika Atase Kepolisian dan Atase Kejaksaan mulai dilibatkan untuk melakukan pendalaman.

Namun, petugas Atase Imigrasi tidak bisa melakukan tindakan. Karena harus diperiksa silang dengan data yang ada, untuk mengungkap siapa nama asli Endang Rifai.

Apalagi, Hendra meminta izin pulang karena tak ada yang menjaga istrinya, yang sedang sakit di rumah.

Baca juga : Sabtu Besok, Buronan Hendra Subrata Siap Dideportasi Dari Singapura

Hendra pun diminta untuk datang kembali ke KBRI, untuk menjalani pemeriksaan terkait perpanjangan paspor yang diajukan. Namun, ia tidak pernah datang kembali, karena tahu persembunyiannya sudah terbongkar.

Hasil cek ulang yang dilakukan Atase Imigrasi dan Atase Kepolisian dengan Direktorat Jenderal Imigrasi dan Kepolisian RI membuktikan, Endang Rifai adalah Hendra Subrata yang sudah DPO selama 10 tahun.

Atase Imigrasi kemudian mengirimkan surat kepada Dirjen Imigrasi, perihal penundaan pelayanan penggantian Paspor atas nama Endang Rifai pada 19 Februari 2021. Sambil dilakukan pendalaman, terkait permohonan penggantian paspor tersebut.

Baca juga : Eks Pangdam Hasanudin Didorong Nyalon Pilgub

Pada 22 Februari 2021, KBRI Singapura melalui Atase Imigrasi menarik paspor atas nama Endang Rifai.

Atase Imigrasi kemudian menyampaikan laporan adanya orang yang memalsukan paspor, kepada Immigration and Checkpoint Authority Singapore atas nama Endang Rifai pada tanggal 1 Maret 2021.

Pekan lalu, Kementerian Luar Negeri Singapura mengirimkan nota diplomatik kepada KBRI Singapura, bahwa Endang Rifai akan direpatriasi ke Indonesia. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.