Dark/Light Mode

Banjir Bandang, Lima Rumah Warga Wajo Rusak Berat

Minggu, 27 Juni 2021 16:49 WIB
Kondisi rumah warga pasca banjir bandang di Wajo, Sabtu,(26/6). (Foto : Antara)
Kondisi rumah warga pasca banjir bandang di Wajo, Sabtu,(26/6). (Foto : Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gegara banjir bandang, sejumlah rumah warga di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, rusak pada Sabtu (26/6). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wajo mencatat lima rumah mengalami rusak berat sedangkan empat lain rusak ringan.

Dilansir laman BNPB, peristiwa dipicu hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang menyebabkan debit air anak sungai di wilayah Lajokka meluap pada pukul 03.34 waktu setempat. Banjir terjadi tepatnya di Desa Inalipue, Kecamatan Tanasitolo, Wajo.

Baca juga : Tiara Andini Latah Instagram Reels

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo melakukan evakuasi warga dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk upaya penanganan darurat.

"Data sementara menyebutkan 40 KK atau 123 jiwa terdampak, sedangkan 5 KK atau 11 jiwa mengungsi. Kerugian material tercatat 40 unit rumah warga dan 3 bangunan umum terdampak, seperti kantor desa dan sekolah," demikian penjelasan Tim Komunikasi Kebencanaan BNPB, Minggu (27/6).

Baca juga : Bupati Bangkalan Haramkan Warganya Mudik Idul Adha

Berdasarkan analisis inaRISK, Kecamatan Tanasitolo termasuk salah satu wilayah di Kabupaten Wajo yang memiliki potensi banjir. Sebanyak 14 kecamatan yang berada pada potensi bahaya tersebut di Kabupaten Wajo. Dilihat pada bahaya banjir bandang, sebanyak 3 kecamatan teridentifikasi di kabupaten ini, yaitu di Sabbang Paru, Keera dan Pitumpanua.

Pada aplikasi Info BMKG, pada hari ini dan esok (28/6) wilayah Kecamatan Tanasitolo masih berpotensi hujan ringan. Menyikapi potensi cuaca hujan, masyarakat tetap diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang. [IPL]

Baca juga : Marquez Bangkit, Rivalnya Siaga Satu

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.