Dark/Light Mode

Sosialisasi Prokes Jelang Idul Adha, Menag Sowan Ke Kyai Di Jawa

Selasa, 29 Juni 2021 10:34 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyambangi pondok pesantren di Pulau Jawa untuk mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan jelang Hari Raya Kurban. (Foto : Kemenag)
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyambangi pondok pesantren di Pulau Jawa untuk mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan jelang Hari Raya Kurban. (Foto : Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyambangi pondok pesantren di Pulau Jawa. Ia meminta para kiai ikut mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan jelang Hari Raya Idul Adha.

Yaqut memang sudah menerbitkan edaran No SE 15 tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban 1442 H/2021 M.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Bukalapak Optimalkan Layanan BukaQurban

Idul Adha 1442H berlangsung dalam suasana pandemi Covid-19. Edaran ini antara lain mengatur larangan kegiatan takbir keliling. Salat Idul Adha di lapangan terbuka atau di masjid atau musalla pada daerah zona merah dan oranye juga ditiadakan.

Untuk daerah di luar zona merah dan oranye, salat Idul Adha dapat dilaksanakan di lapangan terbuka atau masjid serta mushala berdasarkan penetapan dari pemerintah daerah atau satuan tugas penanganan Covid-19 dari daerah dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga : Oknum Polisi Perkosa Anak 16 Tahun Harus Dihukum Berat

Terbit 21 Juni, edaran ini segera disosialisasikan secara massif melalui jajaran Kemenag pusat hingga daerah. Selain untuk jajaran Kemenag, edaran tersebut juga ditujukan kepada pimpinan ormas Islam, pengurus masjid dan musala, panitia peringatan hari besar Islam, serta masyarakat Muslim di seluruh Indonesia.

Untuk itu, selang dua hari sejak diterbitkan, Yaqut bahkan turun langsung, keliling Pulau Jawa, sowan ke para kiai untuk mensosialisasikan SE 15/2021, sebagai bentuk ikhtiar mencegah potensi penyebaran Covid-19.

Baca juga : MUI Minta Shalat Idul Adha Di Rumah Jika Berada Di Zona Merah

"Memulai perjalanan Rabu pagi, 26 Juni 2020, berburu berkah saya mulai menyusuri luasnya pulau Jawa, bertemu banyak kiai dan tokoh, menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo, sekaligus mensosialisasikan dan memohon bantuan sesepuh menyampaikan kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Salat Ieduladha dan penyembelihan hewan kurban," kata Yaqut, seperti keterangan yanh diterima Rm.id, Selasa (29/6/2021).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.