Dark/Light Mode

Nambah 311 Kasus, Kasus Corona Di Gunungkidul Pecah Rekor Lagi

Rabu, 30 Juni 2021 23:47 WIB
Nambah 311 Kasus, Kasus Corona Di Gunungkidul Pecah Rekor Lagi

RM.id  Rakyat Merdeka - Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, kembali memecahkan rekor penambahan harian dengan angka 311. Sehingga, totalnya menjadi 6.495 kasus.

"Hari ini, penambahan harian kasus terinfeksi Covid-19 memecahkan rekor baru, yakni 311 kasus. Mohon maaf, kami tidak dapat merinci kasusnya, karena tim kami terkonfirmasi Covid-19 juga," kata Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul, Dewi Irawaty di Gunungkidul, seperti dikutip Antara, Rabu (30/6).

Selain bertambah 311 kasus baru, juga ada 147 pasien terkonfirmasi sembuh, dan 10 kasus meninggal dunia.

Baca juga : Nambah 21.807, Kasus Harian Cetak Rekor Tertinggi, Kasus Wafat Naik 467

Secara keseluruhan, total terkonfirmasi Covid-19 di Gunungkidul berjumlah 6.495 kasus, 4.072 kasus sembuh, 2.163 kasus dalam perawatan, dan 260 meninggal dunia.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 untuk kembali mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat, supaya memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, serta tidak berpergian bila tidak ada kepentingan mendesak," katanya.

Sebelumnya, Dewi mengatakan, Kabupaten Gunungkidul membutuhkan relawan atau tambahan tenaga medis untuk melayani pasien di rumah sakit dan Puskesmas. Karena banyak tenaga medis, khususnya di RSUD Wonosari, yang terkonfirmasi Covid-19. 

Baca juga : Dalam 24 Jam Nambah 276, Kasus Harian Di Gunungkidul Cetak Rekor Tertinggi

Terkait hal tersebut, Dinas Kesehatan telah mengusulkan jumlah tenaga medis yang dibutuhkan ke pimpinan dan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP).

"Di rumah sakit dan Puskesmas, khususnya RSUD Wonosari sangat membutuhkan tambahan SDM. Saat ini, ada 54 pegawai yang positif Covid. Mereka ada yang isolasi mandiri dan di RS. Jadi, kalau SDM-nya tidak ditambah, siapa yang akan bertanggung jawab," kata Dewi.

Saat ini, lanjutnta, rumah sakit rujukan di Gunungkidul sangat kekurangan tenaga medis untuk melakukan penanganan dan perawatan. Hal ini sangat berdampak pada pelayanan maupun bidang lainnya. Penambahan ini sangat mendesak, terlebih kasus terkonfirmasi positif kian meningkat.

Baca juga : 14 Rumah Rusak Pasca Gempa Di Gunungkidul

"Tenaga medis yang terus melakukan penanganan, juga harus diperhatikan betul. Agar tidak semakin banyak yang berjatuhan ikut terinfeksi Covid-19," katanya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.