Dewan Pers

Dark/Light Mode

Di Kapal Perang, TNI AL Gelar Vaksinasi Covid-19 Di Kepulauan Seribu

Rabu, 30 Juni 2021 21:56 WIB
KRI Clurit-641 milik TNI AL
KRI Clurit-641 milik TNI AL

RM.id  Rakyat Merdeka - Komando Armada I (Koarmada I) TNI AL mengerahkan kapal perang KRI Clurit-641 sebagai tempat vaksinasi Covid-19 untuk warga di Kepulauan Seribu, Jakarta, yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Kapal itu dikerahkan untuk mengejar target vaksin satu juta warga per hari. “Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono telah menundaLatihan Puncak TNI AL Armada Jaya Ke-39 dan memerintahkan jajarannya untuk membantu pelaksanaan program vaksinasi nasional dengan mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki TNI AL, termasuk penggunaan kapal perang,” kata Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K saat memantau pelaksanaan vaksinasi sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (30/6).

Berita Terkait : 113 Pegawai Terinfeksi Covid-19, KPK Genjot Testing

Ia menjelaskan, vaksinasi yang telah berlangsung sejak Selasa (29/6) dan akan berakhir Rabu itu digelar oleh TNI AL bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Daerah.

“KRI Clurir-641 yang sebelumnya disiapkan untuk mengikuti latihan puncak TNI AL Armada Jaya tersebut kini ditugaskan untuk menyasar pulau-pulau di Kepulauan Seribu guna memberi vaksinasi kepada masyarakat,” katanya.

Berita Terkait : Ketua DPRD DKI Gelar Vaksinasi Corona Di Kantornya

Tidak hanya di atas kapal, KRI Clurit-641 juga sempat sandar di Pulau Kelapa dan vaksin penduduk setempat.

“Serbuan vaksinasi massal dengan sasaran masyarakat maritim dilaksanakan guna percepatan program vaksinasi nasional sesuai instruksi Presiden Jokowi yang telah memerintahkan TNI dan Polri bersinergi dengan Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, dan instansi terkait dengan target satu juta vaksin per hari,” ujarnya.

Berita Terkait : Vaksinasi Massal Di GOR Ciracas Nyaris Ricuh

Dalam kegiatan itu, ada delapan tenaga kesehatan dari TNI AL yang bertugas sebagai juru suntik/vaksinator dan empat tenaga kesehatan dari Puskesmas Kepulauan Seribu Utara.

Setidaknya ada 116 orang yang telah divaksin pada hari pertama vaksinasi, sementara itu warga yang telah terdaftar untuk ikut program tersebut ada 250 orang. [MFA]