Dark/Light Mode

BAZNAS Salurkan Paket Peti Pemulasaraan Jenazah Pasien Covid-19

Sabtu, 10 Juli 2021 11:30 WIB
BAZNAS Salurkan Paket Peti Pemulasaraan Jenazah Pasien Covid-19

 Sebelumnya 
Distribusi bantuan itu, masih menurut Saidah, akan terus dilakukan BAZNAS di masa pandemi. Hal ini sebagai bentuk implementasi dukungan dana zakat, infak, dan sedekah, dalam rangka mendukung program pemerintah menanggulangi Covid-19.

Ini menurutnya juga bagian dari delapan program darurat yang dicanangkan BAZNAS guna melawan pandemi. Aksi layanan kemanusiaan ini pun turut didukung oleh 11 lembaga program BAZNAS, beserta relawan yang selalu siap terjun langsung membantu mereka yang membutuhkan.

Baca juga : Petani Minta Pemerintah Perkuat Diplomasi Ke China

"Kita tak bisa berjalan sendiri-sendiri. Butuh kerja sama dan gotong royong antar berbagai pihak. Karena itu, BAZNAS intens melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait soal kebutuhan bantuan dan upaya lanjutan BAZNAS dalam aksi kemanusiaan ini," jelas Saidah.

Dari sisi ekonomi, katanya, BAZNAS juga melanjutkan beragam upaya untuk memulihkan perekonomian keluarga rentan yang terdampak. Seperti Cash for Work, Paket Logistik Keluarga, dukungan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pemberdayaan Warteg.

Baca juga : PMI Kabupaten Tangerang Sediakan Peti Jenazah Covid-19 Gratis

"Kemudian juga program Zmart, Zakat Community Development, juga terus digencarkan. Seperti pada Ramadan lalu, BAZNAS menginisiasi Paket Ramadan Bahagia, yang alhamdulillah, dapat membantu meringankan beban keluarga terdampak," kata Saidah.

Lebih lanjut dia mengatakan, pandemi yang masuk ke Indonesia sejak diumumkan Presiden Joko Widodo pada Maret 2020 ini, turut berimbas pada berbagai sektor, tak hanya kesehatan, namun juga ekonomi keluarga rentan.

Baca juga : SehatQ Gratiskan Telemedisin Bagi Pasien Isoman Covid-19

Larangan berkerumun dan berinteraksi di masa pandemi dan PPKM Darurat, memaksa mereka yang pekerjaannya di sektor non esensial harus berdiam sejenak di rumah. Ini tentunya berimbas pada pendapatan keluarga. Terlebih mereka yang pendapatannya harian.

BAZNAS percaya, masih menurut Saidah, hari-hari berat ini akan segera berlalu melalui dukungan dan partisipasi berbagai lapisan masyarakat. Menjaga protokol kesehatan dan memanfaatkan program vaksinasi, dia mengingatkan, adalah salah satu cara terbaik saat ini, agar bisa segera terbebas dari pandemi. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.