Dark/Light Mode

Waspadai Gelombang Kedua Covid-19, BUMN HJS Gelar Webinar Kesehatan Keluarga

Minggu, 11 Juli 2021 08:26 WIB
Webinar Kesehatan Keluarga yang digelar BUMN HJS, Sabtu (10/7). (Foto: Istimewa)
Webinar Kesehatan Keluarga yang digelar BUMN HJS, Sabtu (10/7). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
M Haris Witjaksono menambahkan, penyebaran Corona di gelombang kedua ini terasa berbeda dari gelombang pertama. Lebih banyak korban dan sangat cepat. 

“Hari ini kita mencoba mengingatkan kembali kepada seluruh Insan HJS dan keluarga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan walaupun telah melaksanakan vaksinasi. Vaksinasi tanpa penerapan protokol kesehatan atau sebaliknya bisa berakibat fatal. Jangan lupa pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, jaga kesehatan dan vaksinasi,” pesan M Haris.

Baca juga : Perdalam Wawasan, Kemendes PDTT Gelar Webinar Pencegahan Dan Penanggulangan Covid-19

Dalam paparannya, dr. Donny menjelaskan, penyebaran Corona gelombang kedua ini sangat cepat dan angka kematian meningkat signifikan. Hal ini disebabkan adanya mutasi virus dan juga pergerakan masyarakat tanpa memperhatikan protokol kesehatan. “Jadi, kombinasi pergerakan manusia dengan varian baru menyebabkan angka kematian yang sangat signifikan,” jelasnya.

Dalam penanganan, dr. Kartika menerangkan, isolasi mandiri hanya dapat dilakukan orang tanpa gejala atau gejala ringan. Harus diperhatikan bahwa ventilasi ruangan juga sangat penting untuk mengatur sirkulasi udara. Ruangan yang tertutup menyebabkan virus yang aktif lebih cepat menular ke penghuni lainnya. 

Baca juga : Bantu Lawan Covid-19, Jenggala Center Gelar Vaksinasi Di Kawasan Industri JIEP

“Alat yang penting untuk disediakan antara lain termometer untuk mengetahui suhu tubuh dan oxymeter untuk mengukur saturasi oksigen. Perlu untuk melakukan beberapa kegiatan seperti berjemur dan berolahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh. Isolasi mandiri sebaiknya menghindari untuk tidak keluar dari dalam ruangan yang telah ditentukan,” terangnya. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.