Dark/Light Mode

Cegah Stunting, BAZNAS dan BKKBN Salurkan Kurban 400 Domba

Senin, 26 Juli 2021 14:54 WIB
Cegah Stunting, BAZNAS dan BKKBN Salurkan Kurban 400 Domba

RM.id  Rakyat Merdeka - BKKBN bersama mitra dari Komunitas Masyarakat Muslim Singapura, bekerja sama dengan BAZNAS, menyalurkan donasi kurban sebanyak 400 ekor domba kepada keluarga yang berisiko melahirkan anak stunting.

Penyerahan donasi tersebut secara simbolis diberikan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dr (HC) dr Hasto Wardoyo, Sp OG (K) kepada Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI Prof Dr KH Noor Achmad, MA, pada konferensi pers yang diselenggarakan secara daring, pada Jumat (23/7).

"Terima kasih kepada BKKBN, dapat memfasilitasi penerimaan donasi dari Komunitas Muslim Singapura. Kami terima sebanyak 400 ekor domba, yang insya Allah akan kami distribusikan untuk pencegahan stunting di Indonesia," ujar Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad, MA.

Baca juga : Digitalisasi BAZNAS Dongkrak Pengumpulan Kurban 75 Persen

Dia mengatakan, meski peringatan Hari Raya Idul Adha 2021 digelar di tengah pandemi Covid-19, BAZNAS masih menerima donasi dari masyarakat Indonesia yang dikumpulkan melalui Kurban Online BAZNAS (KOB). Hasilnya, setara dengan 4.860 ekor kambing.

"Dibanding tahun lalu, perolehan Kurban Online BAZNAS 2021 ini meningkat kurang lebih 70 persen. Hal ini menunjukkan, masyarakat Indonesia masih menjunjung tinggi nilai gotong royong, dan peduli terhadap sesama," kata Noor.

Dia berharap, donasi kurban ini mampu membantu para keluarga Indonesia agar terhindar dan mencegah kelahiran anak stunting.

Baca juga : Pengusaha Peduli NKRI Kembali Salurkan Ribuan Ton Beras Dan Oksigen

Sementara Kepala BKKBN Dr (HC) dr Hasto Wardoyo, Sp OG (K) berharap, donasi hewan kurban yang dipercayakan kepada BAZNAS ini disalurkan ke keluarga yang berada di daerah kategori 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal), yang belum merasakan makan daging.

"Kami berharap donasi kurban ini dapat memenuhi gizi protein hewani keluarga Indonesia dan mencegah kelahiran anak stunting," jelasnya.

Hasto mengungkapkan, donasi kurban ini sebagai langkah awal membangun food bank untuk warga miskin, khususnya mereka yang berpotensi melahirkan anak stunting. Food bank ini nantinya bisa menjadi bagian program tanggung jawab sosial maupun individu atau komunitas, baik yang berada di luar negeri dan dalam negeri.

Baca juga : Sinergi Subholding Gas Salurkan Bantuan 50 Tabung Oksigen Ke RS UGM

Turut hadir dalam acara penyerahan donasi di antaranya pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan MA, Diterktur Utama BAZNAS M Arifin Purwakananta, Perwakilan Komunitas Muslim Singapura Jalaluddin Hassan, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya BKKBN serta para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama BKKBN. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.