Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Masyarakat Mudik Lebaran

Polri Berlakukan Buka Tutup Gerbang Tol

Kamis, 6 Mei 2021 19:37 WIB
Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono (tengah). (Foto: Ist)
Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono (tengah). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polri memberlakukan sistem buka tutup di gerbang tol (GT) Cikarang Barat pada Operasi Ketupat 2021 dalam rangka penyekatan pencegahan mudik Lebaran 2021, mengantisipasi terjadinya kemacetan yang mengganggu mobilitas pekerja dan masyarakat non mudik.

Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono, saat mengecek posko penyekatan di KM 31 Cikampek, Kamis, mengatakan pihaknya mengakomodir semua kebutuhan masyarakat selama Operasi Ketupat 2021 dilaksanakan.

"Di titik-titik tertentu juga ada upaya-upaya rekayasa buka tutup yang semuanya harus disadari oleh masyarakat, operasi ketupat ini adalah untuk kepentingan bersama," kata Istiono.

Istiono menyebutkan, terkait video viral para pekerja yang terjebak di GT Cikampek Barat telah diatasi dan ditangani oleh Polda Metro Jaya.

Baca juga : Nekat Mudik Lebaran, Pemerintah Siapkan 381 Pos Penyekatan

Menurut dia, kejadian tersebut bagian dari dinamika Operasi Ketupat 2022 pelarangan mudik yang saat ini sedang berjalan.

"Upaya-upaya yang dilakukan jajaran khususnya Polda Metro Jaya melakukan rekayasa buka tutup di satu titik ini adalah upaya untuk memperlancar arus lalin dan tentunya ada mobilitas masyarakat atau karyawan yang berjalan seputar sini juga harus kita akomodir," ujar Istiono.

Atas peristiwa itu, Istiono berharap masyarakat semakin dewasa, apa yang menjadi kendala di lapangan bisa disampaikan kepada pihaknya.

"Semua akan kita akomodir dan kita lakukan secara baik," kata Istiono.

Baca juga : Malam Ini Polda Metro Jaya Berlakukan Penyekatan

Dalam tinjauan tersebut, Istiono didampingi Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, yang menjelaskan kronologis viralnya kejadian protes di Jalan Tol Ruas Jakarta-Cikampek Kilometer 31 arah Jakarta, Kamis, lantaran tidak bisa bekerja akibat kebijakan penyekatan larangan mudik.

Menurut Sambodo, kejadian tersebut tidak berlangsung lama karena anggotanya yang melihat kejadian langsung mengambil tindakan dan bernegosiasi dengan para buruh.

"Kami buka seketika itu juga mereka naik ke bus dan langsung keluar di sini. Jalur yang berlawanan arah kami tutup sementara, bus kami putar balik sampai keluar tol. Jadi tidak sampai 5 menit kejadian itu sudah arus lalu lintas sudah lancar kembali," ujar Sambodo.

Sambodo menambahkan, antisipasi ke depannya, karena bus-bus karyawan pagi dan sore akan lewat GT Cikarang Barat maka dilaksanakan buka tutup dengan menempatkan anggota.

Baca juga : Mendagri Serukan Kepala Daerah Larang ASN Gelar Open House

"Jadi kalau ada bus karyawan tetap diperbolehkan, nanti kami akan atur putarannya. Sehingga ketika 'crossing' bisa atur di putaran ini," kata Sambodo. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.