Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BPIP Bekali Calon Paskibraka Nasional 2021 Pancasila

Selasa, 27 Juli 2021 09:57 WIB
Pembekalan Pancasila untuk Paskibraka Nasional oleh BPIP. (Foto: ist)
Pembekalan Pancasila untuk Paskibraka Nasional oleh BPIP. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memberikan pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) kepada para Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2021. 

Mereka yang akan mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih ini berasal dari 34 Provinsi, dan masing-masing wilayah diwakili dua peserta. 

Pembekalan materi PIP untuk Calon Paskibraka merupakan amanat dan implementasi Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan BPIP Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. 

Baca juga : McDonalds Indonesia Rayakan Hari Anak Nasional secara Virtual

Perpres tersebut menjelaskan, PIP Paskibraka dilaksanakan mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi sampai tingkat Nasional. Selanjutnya, Calon Paskibraka yang telah berhasil menyelesaikan PIP akan ditetapkan sebagai Paskibraka Duta Pancasila.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi berharap, Paskibraka 2021 mampu jadi duta Pancasila di masa depan. "Saya berharap adik-adik Paskibraka 2021 bisa menjadi pelopor yang dapat diteladani oleh generasi muda yang akan datang. Sehingga dapat menjalankan tugas dan bisa merawat Pancasila," ungkap Yudian saat memberikan pembekalan secara daring.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Niam menyampaikan, Paskibraka 2021 adalah istimewa, karena pertama kali setelah diterbitkan Peraturan Presiden nomor 13 tahun 2021. Maka seluruh peserta akan mendapatkan pendalaman materi PIP. 

Baca juga : Hari Anak Nasional, 1.020 Anak Terima Remisi

“Perlu dicatat baik baik, Paskibraka bukan sekedar bertugas sebagai pengibar bendera, baris berbaris dan mengibarkan bendera saat HUT Kemerdekaan RI. Di pundak adik-adik ada amanah besar, sosok kader pemimpin kader nasional,” jelas Asrorun.

Sementara itu, Deputi Bidang Pendidikan dan Latihan BPIP, Babby Siti Salamah mengungkapkan, peserta Calon Paskibraka terpilih merupakan kader pemimpin bangsa. Disampaikannya tujuan pembekalan PIP adalah untuk membangun karakter para calon Paskibraka Nasional sebagai agen perubahan dalam melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

“Dalam diri peserta diharapkan akan terbentuk karakter kepemimpinan, keterampilan, kedisiplinan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, cinta Tanah Air, persatuan dan kesatuan serta peningkatan wawasan kebangsaan, terbentuknya jiwa semangat patriotisme dan nasionalisme,” ujarnya.

Baca juga : BPIP: Majukan Indonesia Timur Dengan Keadilan Sosial

Pembekalan materi PIP yang dipandu oleh pegawai BPIP Marta dan Wike ini dikemas secara apik dan menyenangkan dengan penayangan video materi para Dewan Pengarah BPIP dan pimpinan BPIP yang diselingi dengan game dan kuis. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.