Dark/Light Mode

BAN S/M Gelar Visitasi Daring Ke 385 Sekolah/Madrasah Di Jabar

Senin, 9 Agustus 2021 10:39 WIB
Visitasi virtual BAN S/M ke sejumlah sekolah di Jabar (Foto: Istimewa)
Visitasi virtual BAN S/M ke sejumlah sekolah di Jabar (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Jawa Barat (Jabar) melakukan visitasi terhadap 385 sekolah/madrasah (S/M) tahap satu secara daring mulai hari ini, Senin (9/8) hingga Jumat (13/8). Karena Rabu (11/8) libur cuti bersama tahun baru Islam, jadwal visitasi dilakukan antara hari Senin dan Selasa, kemudian dilanjutkan pada Kamis dan Jumat.

Masing-masing sekolah/madrasah divisitasi selama dua hari kerja. Setiap hari, minimal selama 5 jam asesor melaksanakan tugas memferivikasi dokumen dan kinerja S/M sasaran.

“Ada 385 sekolah/madrasah yang divisitasi dan memenuhi syarat, mereka juga mengisi Data Isian Akreditasi (DIA) di Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena). Sasaran kami sebenarnya 399, namun ada 13 SM yang tidak mengisi DIA dan 1 sekolah/madrasah yang tidak memenuhi syarat untuk divisitasi,” jelas Ketua BAN S/M Jawa Barat, Dr. Wiji, dalam keterangan persnya, Senin (9/8).

Sebanyak 745 asesor ditugaskan dalam kegiatan visitasi tahap satu ini. Jawa Barat memiliki 850 orang asesor aktif. Dari jumlah tersebut, ada 807 asesor yang dapat ditugaskan selama 2021. Namun, yang siap untuk ditugaskan hanya 745 orang, dikarenakan ada yang sakit atau memiliki tugas lain yang tidak dapat ditinggalkan.

“Latar belakangnya ada 171 orang dosen, 40 orang widya iswara/praja, 10 orang praktisi pendidikan, dan sisanya para pengawas di semua jenjang pendidikan dasar menengah juga SLB,” jelas Wiji.

Tahun 2021 ini, quota akreditasi Jabar sebanyak 1.567 SM. Setelah tahap satu selesai, akan dilanjutkan tahap dua, dengan 1.182 SM yang akan divisitasi. “Insya Allah visitasinya akan dilaksanakan pada 26 Agustus-4 September. Saat ini sedang dipersiapkan agar dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.