Dark/Light Mode

Keren Euy, Vaksin Sinopharm Bisa Munculkan Antibodi Lawan Varian Delta

Rabu, 11 Agustus 2021 22:31 WIB
Ilustrasi vaksin Covid Sinopharm (Foto: Istimewa)
Ilustrasi vaksin Covid Sinopharm (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Baru-baru ini, muncul penelitian dari Srilanka, bahwa orang yang telah divaksin Sinopharm, dapat memunculkan antibodi untuk melawan varian Covid-19. I

Informasi ini disampaikan Kandidat PhD dari Kobe University, dr. Adam Prabata melalui akun Instagramnya, Rabu (11/8).

Baca juga : 500 Ribu Vaksin Sinopharm Tiba, Ini Harapan Wamen BUMN

Vaksin Sinopharm diketahui mampu mencegah penyakit Covid bergejala hingga 72,8 persen untuk vaksin dari strain WIV04 dan 78,1 persen untuk vaksin dari strain HB02 (Al Kaabi, 2021).

"Orang yang telah divaksin Sinopharm, memiliki antibodi untuk melawan varian Delta. Kadar antibodi terhadap varian Delta pasca vaksinasi Sinopharm, relatif sama dengan penyintas Covid-19," jelas Adam.

Baca juga : Anies Tak Mau Besar Kepala

Menurutnya, hingga saat ini, belum ada hasil penelitian yang menunjukkan tingkat efektivitas vaksin Sinopharm terhadap varian Delta.

Namun, dengan adanya antibodi yang bisa melawan varian Delta, maka kemungkinan besar vaksin Sinopharm tetap efektif terhadap varian Delta.

Baca juga : RI Kembali Terima 1,5 Juta Vaksin Sinopharm Untuk Perangi Covid-19

"Masih perlu penelitian lebih lanjut terhadap efektivitas vaksin Sinopharm terhadap varian Delta," pungkas dr. Adam. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.