Dark/Light Mode

Dokter Anak Minta Masyarakat Percaya BPOM Soal Keamanan Galon Guna Ulang

Jumat, 20 Agustus 2021 13:27 WIB
Dokter spesialis anak Farabi El Fouz (Foto: Istimewa)
Dokter spesialis anak Farabi El Fouz (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ia berharap, agar sosialisasi ini dilakukan semua pihak, termasuk BPOM. Ia juga mengaku ikut mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana tata cara yang benar dalam menggunakan kemasan-kemasan berbahan plastik.

Farabi khawatir banyak masyarakat yang belum mengetahui tata cara yang benar dalam menggunakan kemasan makanan dan minuman berbahan plastik. “Intinya, yang saya sampaikan hanya lebih mengarah kepada bagaimana pemakaian yang baik dan benar terhadap kemasan-kemasan pangan plastik yang ada di pasaran,” tuturnya. 

Pernyataan Farabi ini disampaikan karena beredarnya banyak berita hoaks tentang Bisfenol A (BPA) yang tidak sesuai dengan pernyataan BPOM. Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan BPOM telah menetapkan bahwa kemasan plastik PET maupun PC aman untuk digunakan sebagai kemasan pangan.

Pakar polimer dan plastik Institut Teknologi Bandung (ITB), Ahmad Zainal juga bilang, dalam proses pembuatan kemasan plastik memang menggunakan aneka bahan kimia berbasis minyak bumi. Namun, ketika monomer atau komponen bahan plastik tersebut telah menjadi polimer (ikatan) plastik, sifatnya telah berubah.

“Plastik bersifat inert, tidak bereaksi terhadap lingkungan sekitar. Itulah alasan kenapa plastik banyak digunakan sebagai kemasan pangan, karena bisa melindungi kualitas dan rasa makanan di dalamnya,” jelas Ahmad Zainal.

Setiap kemasan plastik ada potensi migrasinya ke dalam makanan. Oleh karena itu, BPOM mengatur tingkat migrasi kemasan yang diperbolehkan agar tidak sampai mengganggu kesehatan.

Khusus mengenai isu BPA dalam kemasan pangan, Farabi mengingatkan agar masyarakat mengetahui juga mengenai tata cara penggunaan kemasan tersebut. Misalnya, kemasan tertentu tidak boleh dimasukkan ke dalam suhu yang terlalu tinggi seperti microwave. Di sinilah pentingnya sosialisasi dilakukan kepada masyarakat agar mereka benar-benar mengerti mengenai tatat cara yang benar dalam penggunaan kemasan-kemasan plastik. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.