Dark/Light Mode

Mantap, 3 Kabupaten Di Papua Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam

Sabtu, 21 Agustus 2021 19:49 WIB
PLN menghubungkan jaringan listrik ketiga kabupaten di Papua dan memusatkan pembangkit listrik di Kabupaten Deiyai. (Dok. PLN)
PLN menghubungkan jaringan listrik ketiga kabupaten di Papua dan memusatkan pembangkit listrik di Kabupaten Deiyai. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) berhasil menghubungkan jaringan kelistrikan 3 Kabupaten di Papua, yaitu Kabupaten Dogiyai, Deiyai serta Paniai. Kini, listrik terang 24 jam di wilayah tersebut dari sebelumnya hanya 18 jam.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nabire, Manihar Hutajulu mengatakan, peningkatan jam nyala ini merupakan kado istimewa untuk masyarakat tiga kabupaten tersebut dalam momen ulang tahun kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

Baca juga : Akhirnya, 2 Desa Terpencil Di Tapanuli Utara Kini Nikmati Listrik PLN 24 Jam

PLN telah menyiapkan enam mesin pembangkit berkapasitas total 3,6 MW untuk menyuplai listrik ke 6.342 pelanggan di wilayah itu. Dengan beban puncak penggunaan listrik saat ini berkisar 2 MW, PLN masih memiliki cadangan daya sebesar 1,6 MW.

“Semoga penambahan jam nyala listrik ini dapat memberikan manfaat yang baik, serta mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi, layanan kesehatan, pendidikan dan lainnya bagi masyarakat di Dogiyai, Deiyai dan Paniai,” ujar Manihar.

Baca juga : 2 Juta Mobil Listrik Keluyuran Di Jalan

Manihar menjelaskan, dari sisi jaringan listrik, PLN telah menghubungkan sistem kelistrikan di tiga kabupaten tersebut dengan total panjang jaringan mencapai 200,02 kms.

PLN juga telah melakukan perbaikan dan mengganti jaringan yang sudah rusak. Secara keseluruhan, program ini menyerap investasi Rp 21,6 miliar.

Baca juga : Mantap! Desa Terpencil Di Papua, Mayoritas Pakai Tenaga Surya

“Ke depan PLN akan terus berupaya melakukan penguatan melalui perluasan jaringan, penambahan peralatan dan pemeliharaan secara berkala, sehingga suplai listrik dari pembangkit dapat disalurkan lebih maksimal,” tambahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.