Dark/Light Mode

Hingga Akhir Agustus, BAZNAS Buka Beasiswa Cendekia

Selasa, 24 Agustus 2021 08:00 WIB
Hingga Akhir Agustus, BAZNAS Buka Beasiswa Cendekia

 Sebelumnya 
Noor menambahkan, sebagai lembaga yang mengelola dan memperluas jaringan informasi beasiswa, BAZNAS membuka pendaftaran program beasiswa secara nasional melalui berbagai jaringan guna memajukan pendidikan dan mencerdaskan bangsa.

Pada 2021 ini, jelasnya, BAZNAS bekerja sama dengan 101 kampus mitra beasiswa di seluruh Indonesia. Beasiswa yang diberikan akan difokuskan pada pembinaan, subsidi Uang Kuliah Tunggal (UKT), dan diharapkan bisa dirasakan manfaatnya oleh lebih dari 1.000 mahasiswa di Indonesia.

Menurut Noor, tujuan Beasiswa Cendekia BAZNAS adalah meningkatkan kecerdasan bangsa yang akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan keluarga, dan berguna bagi masyarakat sekitar. Hal itu sejalan dengan visi BAZNAS, yakni menyejahterakan umat. Adapun sasaran beasiswa ini secara umum diprioritaskan untuk ashnaf (kelompok) fakir, miskin, atau fi sabilillah (orang yang beraktifitas di bidang keislaman).

Baca juga : Peringati Hari Konstitusi, Bamsoet: Teguhkan Cita-cita Indonesia Merdeka

“Dalam upaya memutus rantai kemiskinan, BAZNAS mengoptimalkan program pendidikan sebagai salah satu alat untuk memperbaiki kualitas ekonomi sekaligus pendidikan masyarakat yang tergolong miskin,” ujar Noor.

Dia mengatakan, BCB PTDN 2021 dibuka dengan tiga kategori beasiswa yakni, Studentpreneur Muda (fokus entrepreneur), Aktivis Muda (aktivitas di kelembagaan dan masyarakat) dan Teladan Muda (yang ditujukan jurusan profesi).

Noor berharap, di masa depan setiap penerima beasiswa memiliki kemandirian pendapatan dan kemandirian ekonomi melalui program usaha. Tidak hanya itu, diharapkan mahasiswa membuka lapangan kerja baru, sehingga mampu memberikan ruang untuk menurunkan tingkat pengangguran.

Baca juga : Jaga Yatim, BAZNAS Gelar Doa Bersama Untuk Bangsa

Sementara Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbud RI, Prof drh Aris Junaidi PhD turut mengapresiasi program yang rutin disalurkan BAZNAS ini. Menurutnya, program inovatif BAZNAS ini sangat membantu para mahasiswa yang bertemu mentor-mentor.

Sehingga nanti lulusannya bisa terarah dan menjadi SDM unggul, sesuai cita-cita Presiden RI Joko Widodo yang menginginkan SDM unggul, Indonesia maju. Ekosistem perguruan tinggi, jelasnya, harus mendorong semuanya dan memfasilitasi para mahasiswa untuk terus berprestasi.

“Selamat kepada BAZNAS. Semoga pemberian beasiswa mempunyai dampak luar biasa kepada lulusan kita, dan terus maju bersama BAZNAS,” ujar Aris.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.