Dark/Light Mode

Survei Voxpopuli: Tokoh Lain Perang Baliho, Ganjar Yang Unggul

Kamis, 26 Agustus 2021 20:31 WIB
Hasil Survei Voxpopuli elektabilitas tokoh-tokoh sebagai Capres 2024. (Foto: Ist)
Hasil Survei Voxpopuli elektabilitas tokoh-tokoh sebagai Capres 2024. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menuju gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, tokoh-tokoh partai politik ramai memasang baliho di berbagai penjuru kota. Ironisnya, elektabilitas tokoh-tokoh ini jauh berada di papan bawah.

Sementara Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, yang minim pasang baliho, justru unggul dengan elektabilitas mencapai 20,4 persen.

"Di tengah perang baliho para politisi, elektabilitas yang paling unggul justru diraih Ganjar Pranowo," ungkap Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (26/8).

Baca juga : Survei Voxpopuli: Mural Menjamur, Kepuasan Terhadap Jokowi Mengendur

Menurut Achmad, Ganjar sudah lama membangun branding sebagai kepala daerah yang layak maju ke pentas politik nasional. Figur kepala daerah menuai dukungan setelah Jokowi sukses menapaki tangga kekuasaan dari Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga menjadi presiden. Kemunculan Jokowi membuka jalan bagi kepala-kepala daerah lainnya.

Di sisi lain figur-figur yang berasal dari trah partai politik makin mendapat saingan. Misalnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang kini tergeser posisinya oleh Ganjar, hanya meraih elektabilitas 17,2 persen.

Prabowo yang juga menjabat Menteri Pertahanan dibayang-bayangi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (13,0 persen). Berikutnya ada Menteri Pariwisata Sandiaga Uno (8,1 persen) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (6,2 persen).

Baca juga : Survei Voxpopuli: Demokrat Tiga Besar, PSI Meroket Tembus 5 Persen

"Tokoh partai yang cukup bersinar adalah Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan 5,6 persen," lanjut Achmad.

AHY tampaknya diuntungkan oleh lonjakan elektabilitas partai yang dipimpinnya, sebagai partai utama di kubu oposisi. Tokoh-tokoh lainnya adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini (4,8 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (4,2 persen), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (3,0 persen), Plt Ketua Umum PSI Giring Ganesha (2,6 persen), dan Menko Polhukam Mahfud MD (1,0 persen).

"Tampak bahwa figur-figur kepala daerah banyak didukung publik, selain menteri dalam kabinet dan tokoh partai," pungkas Achmad.

Baca juga : Kalau Sekarang Pileg, Yang Menang PDIP

Nama-nama lainnya masih di bawah 1 persen, sedangkan sisanya tidak tahu atau tidak jawab sebanyak 10,1 persen.

Survei Voxpopuli Research Center dilakukan pada 10-20 Agustus 2021, melalui telepon kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia yang dipilih secara acak dari survei sebelumnya sejak 2019. Margin of error survei sebesar ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.