Dark/Light Mode

Soal Penanganan Corona

Luhut Bilang Terkendala Tapi Bisa Terkendali

Rabu, 8 September 2021 07:20 WIB
Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Instagram)
Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Luhut Binsar Pandjaitan mengakui, masih ada sejumlah kendala dalam penanganan Covid-19. Seperti soal tracing atau pelacakan kontak erat. Saat ini, rasionya masih belum mencapai target. Namun, secara keseluruhan, penanganan Corona bisa terkendali.

Luhut menerangkan, sebetulnya ada kenaikan signifikan rasio tracing kontak erat dari 3,37 di awal Agustus 2021 menjadi 7,89 per 5 September 2021. Namun, di beberapa daerah, rasio kontak eratnya masih di bawah 5. Inilah yang kemudian menghambat daerah tersebut turun level.

Baca juga : Airlangga Pastikan Inflasi Tetap Terkendali

"Ini penting sekali. Kami berharap bisa sampai rata-rata (tracing) 10 kontak erat pada waktu dua hingga tiga minggu ke depan," kata Luhut, dalam konferensi pers virtual perpanjangan PPKM, Senin malam (6/9).

Selain itu, pihaknya juga menemukan banyak pelanggaran aturan PPKM di lapangan. Seperti akhir pekan kemarin, banyak warga yang menyerbu tempat wisata dan adanya kerumunan di Holywings, Kemang.

Baca juga : Permintaan Sektor Manufaktur Mulai Menggeliat, Inflasi Tetap Terkendali

Meski begitu, kondisi pandemi masih terkendali. Buktinya, kasus harus terus melandai. Selama sepekan terakhir, kasus baru rata-rata di bawah 10.000. Kemarin, penambahan kasus baru “hanya” 7.201. Angka ini turun dibanding sehari sebelumnya, yang sebanyak 7.738 kasus.

Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit juga terus turun. Saat ini, yang terisi hanya 20 persen.

Baca juga : Perhutani Gandeng Balitbang Kermbangkan Tanaman Herbal

Capaian ini, menjadi bukti bahwa Corona di Tanah Air mulai bisa dikendalikan. Bahkan, Luhut mengklaim, kemampuan Indonesia mengendalikan Corona saat ini lebih bagus dari sejumlah negara tetangga.

“Tadi saya baru terima lagi, dari luar angka absolut, penanganan Covid-19 kita lebih bagus dari Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Korea Selatan, Taiwan," ucapnya, bangga, di Kota Bandung, Jawa Barat, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.